Sukses


MotoGP: Morbidelli Resmi Berpisah dengan Yamaha, Musim Depan Alex Rins Berduet dengan Quartararo

Bola.com, Jakarta - Yamaha secara resmi telah mengonfirmasi bahwa Franco Morbidelli tidak akan menjadi bagian tim pada MotoGP 2024. Sebagai gantinya, pabrikan asal Jepang itu mengangkat Alex Rins, yang berarti musim depan ia bakal berduet dengan Fabio Quartararo.

Franco Morbidelli, pemenang balapan dan runner-up gelar untuk Petronas Yamaha tetapi tanpa podium sejak dipromosikan ke tim pabrikan setelah kepergian Maverick Vinales pada pertengahan 2021, kini diperkirakan akan pindah ke skuad satelit Ducati, baik VR46 atau Gresini.

Langkah tersebut membuka jalan bagi Alex Rins dari LCR Honda untuk bergabung dengan Fabio Quartararo di tim Monster musim depan.

"Yamaha Motor Co., Ltd. mengumumkan bahwa kemitraan dengan Franco Morbidelli akan dihentikan pada akhir tahun 2023," bunyi pernyataan resmi Yamaha.

Pembalap Italia berusia 28 tahun itu mengawali MotoGP Inggris akhir pekan ini di posisi kesebelas di kejuaraan dunia, tetapi hanya tertinggal dua tempat di belakang Quartararo.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ungkapan Terima Kasih Yamaha

Sejak Morbidelli bergabung dengan Yamaha pada 2019, pebalap Italia itu meraih enam podium, yakni tiga kemenangan, satu runner-up, dan dua kali di tempat ketiga. Ia juga meraih dua pole position dan menjadi Wakil Juara Dunia MotoGP pada 2020.

Setelah istirahat sejenak akibat cedera lutut selama musim 2021, Morbido kembali tampil di GP San Marino sebagai bagian dari Tim Balap Pabrik Yamaha. Total dia memperebutkan 74 GP sebagai pembalap Yamaha sejauh ini.

"Yamaha Motor Co., Ltd., Yamaha Motor Racing, dan Monster Energy Yamaha MotoGP Team sangat berterima kasih atas kontribusi Morbidelli, motivasi yang tidak pernah berkurang, dan pola pikir positifnya. Mereka berharap dapat berbagi lebih banyak momen berkesan selama sisa 12 putaran MotoGP 2023," tulis Yamaha lagi.

 

 

3 dari 4 halaman

Tidak Seperti yang Diharapkan

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing mengatakan bahwa dirinya juga sangat berterima kasih atas apa yang telah Franco Morbidelli berikan sejauh ini.

“Pertama-tama, saya ingin berterima kasih kepada Franky atas kerja keras dan dedikasinya sejak dia memulai dengan Tim Pabrikan dan juga jauh sebelumnya ketika dia menjadi pembalap Satelit untuk Yamaha. Kemitraan Yamaha dan Morbidelli menghasilkan beberapa hasil yang luar biasa, termasuk gelar wakil juara yang luar biasa di tahun 2020," kata Lin Jarvis.

“Sayang sekali bahwa dua tahun terakhir tidak berjalan seperti yang kami inginkan dan harapkan. Kami membahas kemungkinan untuk melanjutkan kemitraan kami, tetapi pada akhirnya kami memutuskan bahwa 2024 akan menjadi momen untuk melakukan perubahan, baik untuk Yamaha maupun Franky," ujarnya lagi terkait kepindahan Franky, sapaan karib Franco Morbidelli.

4 dari 4 halaman

Langsung Dapat Gantinya

Tak butuh waku lama, Yamaha langsung mengumumkan bahwa pengganti Morbidelli adalah Alex Rins. Pada MotoGP 2024, Rins akan berduet dengan Franco Morbidelli.

“Kami senang Alex bergabung dengan jajaran Yamaha, dan kami menyambutnya dengan hangat di Yamaha MotoGP," ujar Lin Jarvis.

“Kami berharap Alex menjadi aset besar. Dia memiliki pengalaman sebagai pembalap MotoGP dan dikenal sebagai bakat alami dan pemenang balapan kelas MotoGP berkali-kali. Dia sudah memiliki pengalaman dengan dua pabrikan MotoGP lainnya dan telah mengendarai motor dengan karakteristik yang mirip dengan YZR-M1, yang akan membantunya beradaptasi dengan cepat pada motor kami. Kemenangannya di COTA awal tahun ini menggarisbawahi kecepatan, rasa lapar, dan tekadnya untuk sukses."

“Alex telah absen dari paddock MotoGP untuk sementara waktu karena cedera yang dideritanya di Mugello, tetapi kami yakin dia harus pulih sepenuhnya dan mempercepat musim 2024. Kami sangat menantikan untuk bekerja dengannya dan percaya bahwa dia akan berkolaborasi dengan baik dengan Fabio dan meningkatkan performa total Tim Monster Energy Yamaha MotoGP.”

Sumber: Crash, Yamaha

Video Populer

Foto Populer