Sukses


MotoGP: Alasan Alex Rins Tinggalkan Honda dan Membelot ke Yamaha

Bola.com, Jakarta - Yamaha secara resmi telah mengonfirmasi bahwa Franco Morbidelli tidak akan menjadi bagian tim pada MotoGP 2024. Sebagai gantinya, pabrikan asal Jepang itu mengangkat Alex Rins, yang berarti musim depan ia bakal berduet dengan Fabio Quartararo.

“Kami senang Alex Rins bergabung dengan jajaran Yamaha, dan kami menyambutnya dengan hangat di Yamaha MotoGP," ujar Lin Jarvis.

“Kami berharap Alex menjadi aset besar. Dia memiliki pengalaman sebagai pembalap MotoGP dan dikenal sebagai bakat alami dan pemenang balapan kelas MotoGP berkali-kali."

Calon rekan duetnya di Yamaha, Fabio Quartararo, mengatakan dirinya juga menantikan untuk bekerja sama dengan Alex Rins pada MotoGP 2024. Menurutnya, Rins merupakan pembalap kompetitif yang memiliki banyak pengalaman.

"Mengenai Alex Rins, saya pikir ini adalah tantangan baru baginya dan untuk tim dan juga untuk saya. Jadi saya pikir kami memiliki banyak pengalaman. Dia sudah berada di Suzuki pada 2022 dan di Honda tahun ini serta di Yamaha tahun depan. Dia akan memiliki banyak pengalaman di motor yang sama sekali berbeda," kata Quartararo.

2 dari 3 halaman

Apa Alasan Rins?

Menurut Alex Rins, alasannya pindah dari Honda adalah murni teknis. Ia merasa Honda tidak berani melakukan perubahan signifikan, baik itu dari segi kenyamanan maupun keamanan.

"Yang paling membebani adalah apa yang terlihat dari balapan demi balapan. Pada akhirnya, Honda, HRC lebih memilih untuk memberikan tim pabrikan suku cadang baru untuk diuji, meskipun saya juga seorang pembalap yang kompetitif."

"Sebenarnya saya akan lebih mengapresiasi jika mereka juga memberikan saya sedikit dukungan," ungkap Rins.

3 dari 3 halaman

Marc Marquez Terkejut

Marc Marquez terkejut mendengar fakta Alex Rins ke Yamaha karena eks pembalap Suzuki itu pernah mengatakan motor Honda tidak terlalu buruk performanya. 

Alex Rins bahkan sukses membawa motor Honda RC213V finis pertama pada balapan MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, 16 April.  

"Itu memang mengejutkan saya, terutama karena dia sendiri mengatakan bahwa Honda bukanlah motor yang buruk, sehingga Anda bisa menang dengannya," ujar Marc Marquez. 

"Namun dalam waktu sesingkat itu, dia sudah berpikir untuk pindah ke merek lain, itu mengejutkan saya." 

"Tapi hei, kami menghormati keputusannya. Itu karena dia tidak melihat bahwa Honda adalah motor yang bagus, melainkan karena dia sedang mencari proyek lain," lanjutnya.

Sumber: MotoGP

Video Populer

Foto Populer