Sukses


Alex Rins Curhat Pernah Ditolak Yamaha: Seusai Suzuki Pergi, Kami Tersesat

Bola.com, Jakarta - Alex Rins mengaku sempat mendapatkan penolakan dari Monster Energy Yamaha untuk bergabung di MotoGP musim ini usai ditinggalkan Suzuki mundur pada akhir 2022. Uniknya, mereka justru akan benar-benar berkolaborasi pada 2024.

Rins memang merasa sangat sedih ketika Suzuki memutuskan mundur dari MotoGP, mengingat ia sudah membela tim itu sejak musim debutnya, yakni pada 2017. Ia kemudian mencoba mencari kesempatan membela Monster Energy Yamaha pada 2023.

Namun, Yamaha kala itu menolak karena masih terikat kontrak dengan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Rins akhirnya memilih LCR Honda, yang ditinggalkan Alex Marquez. Ia pun menandatangani kontrak dua musim dengan Honda Racing Corporation (HRC).

2 dari 3 halaman

Tersesat Usai Ditinggal Suzuki

"Seusai Suzuki pergi, kami tersesat. Kami mengetuk semua pintu, dan salah satu pintu yang kami ketuk adalah Yamaha. Namun, kala itu mereka bilang tak bisa, karena sudah punya Morbidelli dan Quartararo. Jadi, akhirnya kami pergi ke Honda," kisah Rins via DAZN seperti yang dikutip Crash.net, Selasa (8/8/2023).

Awal musim ini, Rins sempat memenangi main race di Seri Austin bersama LCR. Namun, motor RC213V sulit kompetitif di trek lain dan Rins kerap mengeluhkan kurangnya dukungan teknis dari HRC. Ia pun mulai mempertimbangkan pindah tim.

Pada akhirnya, ia kembali mengetuk pintu Monster Energy Yamaha, yang selama dua musim terakhir juga sangat sulit kompetitif bersama Franco Morbidelli. Kesepakatan pun akhirnya diraih dan Rins memilih hengkang dari HRC dan LCR setahun lebih awal.

3 dari 3 halaman

Kans yang Sudah Lama Dicari-cari

"Tahun ini, melihat segalanya berjalan, melihat posisi yang kami dapati... kami pun bertanya lagi untuk melihat apakah kami punya keberuntungan, dan kami mendapatkannya," ungkap Rins, yang saat ini masih memulihkan cedera patah kaki kanan.

"Saya pun menantikannya. Ini adalah proyek tim pabrikan, yakni hal yang sudah saya cari-cari. Saya pun sangat bersemangat, tetapi saya juga ingin mengakhiri musim ini dengan antusiasme yang sama seperti ketika saya memulainya," tutupnya.

Meski sudah absen empat seri, Rins masih menjadi pembalap HRC terbaik di klasemen pembalap MotoGP. Ia berada di peringkat 14 pada klasemen pembalap dengan koleksi 47 poin, unggul 23 poin atas sang tandem, Takaaki Nakagami, di peringkat 17.

Sumber: DAZN, Crashnet

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, 9/8/2023)

Video Populer

Foto Populer