Sukses


Melihat Kondisi Terkini Sirkuit Mandalika: Lebih Siap Gelar MotoGP?

Bola.com, Mandalika - Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 2022 sempat menimbulkan banyak pembicaraan. Saat itu, Mandalika dinilai belum siap.

Satu tahun yang lalu, banyak cerita dari penonton yang hadir langsung di Sirkuit Mandalika tengah kekacauan yang terjadi.

Seperti jalanan becek, akses parkir yang sulit. Hingga macet panjang yang terjadi ketika balapan selesai.

Masalah-masalah yang terjadi di MotoGP 2022 tampaknya menjadi perhatian tersendiri bagi pihak pengelola Sirkuit Mandalika dalam hal ini Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Mereka melakukan cukup banyak perbaika.

Pantauan Bola.com di sela balapan Asia Road Racing Champship 2023, Minggu (13/8/2023), kondisi Sirkuit Mandalika memang terlihat lebih siap.

Lapangan parkir kendaraan penonton yang tadinya hanya tanah kini sudah dilapisi aspal. Sementara itu akses untuk penonton keluar masuk menuju tribune pun sudah cukup baik.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Rasakan Perubahan

Salah seorang penonton ARRC 2023, Dedi Hermawan merasakan betul perubahan di Sirkuit Mandalika. Pria asal Lombok Tengah itu kebetulan menonton langsung MotoGP 2022 di sirkuit tersebut.

Dedi membandingkan Sirkuit Mandalika saat ini dengan tahun lalu yang menurutnya sudah sangat berbeda. Saat menonton MotoGP di Mandalika 2022, Dedi merasakan banyak hal tak mengenakkan.

"Sekarang bagus banget, terutama parkirannya yang tidak ada lumpur lagi, sekarang lebih luas, aksesnya juga enak," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Macet

Dedi Hermawan kemudian menceritakan apa yang ia alami di MotoGP Mandalika 2022. Saat itu ia harus menunggu berjam-jam untuk bisa meninggalkan lokasi sirkuit.

"Tahun lalu, macet sekali saya harus menunggu lama di depan situ," kenangnya.

Penonton lain, Tatan Elwathan merasakan hal yang sama. Ia merasa lebih nyaman menonton ajang balap di Sirkuit Mandalika saat ini.

"Sekarang lebih nyaman karena bisa parkir langsung di dekat sini bawa kendaraan sendiri," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Fasilitas

Sementara itu fasilitas pendukung penonton lain seperti toilet dan musala pun ada dalam kondisi yang bagus. Mereka juga tersebar di beberapa tempat strategis.

Satu hal lain yang tak kalah penting dari ajang balap internasional adalah ketersediaan kantin atau lokasi yang menjual makanan kepada para penonton.

Jumlah kedai makanan itu tak banyak di sepajang pagelaran ARRC 2023. Mengingat ajang itu memiliki level di bawah MotoGP.

Selain itu, penonton yang hadir di ARRC 2023 pun tak banyak. Menurut data terkini, jumlah penonton yang hadir di Mandalika pada ajang itu masih kurang dari 10 ribu penonton.

Tentu saja situasinya bakal berbeda dengan ajang MotoGP, di mana jumlah penonton bakal lebih banyak. 

 

Video Populer

Foto Populer