Sukses


Profil Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Meninggal Setelah Kecelakaan di Sirkuit Mandalika

Bola.com, Lombok - Pembalap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 kelas Asia Superbike 1000 (ASB1000), Haruki Noguchi, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan horor di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Haruki Noguchi dikabarkan mengembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (16/8/2023) sore WITA setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nusa Tenggara Barat (NTB) selama tiga hari.

Rider SDG MS HARC-PRO Honda Philippines itu wafat dengan diagnosis multipel trauma akibat insiden dalam race kedua ASB1000 dengan beberapa pembalap.

Ketika itu, Haruki Noguchi mengalami kecelakaan dengan rider Honda Asia-Dream Racing with Showa, Zaqhwan Zaidi, di Tikungan 10 pada lap ke-4.

2 dari 5 halaman

Peringkat Kedua

Zaidi terjatuh dan meluncur keluar trek, sementara Haruki Noguchi tetap berada di dalam lintasan. Pembalap di belakangnya tidak bisa menghindar sehingga motornya melindas bagian kepala Noguchi.

Haruki Noguchi sempat terkapar di lintasan, sebelum menjalani perawatan medis di Medical Center Pertamina Mandalika International Sirkuit dan dibawa ke RSUD NTB.

Sebelum berpulang, Haruki Noguchi tengah berada di peringkat kedua klasemen sementara Asia ASB1000 dengan 105 poin dari empat seri dan tujuh balapan. Rider asal Jepang itu tertinggal 38 angka dari pemegang singgasana, Markus Reiterberger.

3 dari 5 halaman

Memulai Musim dengan Fantastis

Haruki Noguchi memulai ASB1000 tahun ini dengan fantastis setelah menjuarai dua balapan seri pertama di Sirkuit Internasional Chang, Thailand, pada 24-26 Maret 2023.

Sebelum berkancah di ASB1000, Haruki Noguchi juga pernah membalap di FIM CEV Moto3 2020 dan Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2019.

Haruki Noguchi lahir di Nara, Jepang, pada 20 Juni 2001. Ayahnya adalah seorang mekanik sehingga sejak kecil ia telah sering datang dan akrab dengan sirkuit.

4 dari 5 halaman

Ungkapan FIM Asia

"Dengan sangat sedih, kami melaporkan berita duka atas meninggalnya Haruki Noguchi setelah tiga hari menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum, NTB," bunyi pernyataan FIM Asia.

"Presiden FIM Asia dan Dewan Direksi, Mandalika Grand Prix Association, Two Wheels Motor Racing dan keluarga FIM Asia Road Racing, menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga, teman, dan orang-orang yang mengenal Haruki Noguchi," tulisnya.

5 dari 5 halaman

Pernyataan

Video Populer

Foto Populer