Sukses


Marc Marquez Tinggalkan Honda Pengujung MotoGP 2023: Akhirnya Ikuti Jejak Valentino Rossi

Bola.com, Jakarta - Setelah sempat jadi isu hangat beberapa bulan terakhir, akhirnya terkonfirmasi: Marc Marquez meninggalkan Repsol Honda pengujung MotoGP 2023. 

Artinya Marc Marquez mengakhiri kontraknya lebih awal bersama Repsol Honda. Karena kakak Alex Marquez itu sejatinya memegang kontrak sampai pengujung 2024. 

Kini teka teki tersisa adalah ke mana sosok Marc Marquez pada MotoGP musim depan. Konon ia bakal gabung tim satelit Gresini Ducati demi kembali mendapat motor kompetitif. 

Beberapa musim terakhir, motor Honda RC213V yang sempat berstatus salah satu motor paling kompetitif berubah menjadi sangat buruk. Tidak heran, juara dunia MotoGP enam kali itu memutuskan hengkang ke Gresini. 

Yang menarik, dengan memutuskan pergi dari Honda, maka ia mengikuti jejak juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Momen Rossi Tinggalkan Honda

Seperti Marc Marquez, Valentino Rossi memang mengawali kariernya di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor dengan mengendarai motor Honda.

Valentino Rossi, gabung tim satelit Nastro Azzurro Honda di kelas 500cc pada musim 2000-2001. Lalu pada awal era MotoGP, ia naik ke Repsol Honda selama dua musim: 2002-2003.

Total empat musim ini, Rossi selalu sukses menjadi juara dunia. Namun pada 2004, ia memutuskan meninggalkan Repsol Honda untuk gabung Yamaha.

Beda dengan Marc Marquez, pembalap asal Spanyol ini kemungkinan pindah ke tim satelit Ducati bukan Yamaha.

3 dari 3 halaman

Keterangan Resmi HRC

Pihak Honda Racing Corporation (HRC) sebagai perusahaan induk Repsol Honda sudah merilis keterangan resmi terkait pemutusan kerja sama dengan Marc Marquez pada pengujung MotoGP 2024. 

'Honda Racing Corporation dan Marc Marquez telah sepakat untuk mengakhiri kontrak empat tahun sebelum waktunya pada akhir musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023.

'Dengan satu tahun tersisa dari kontrak empat tahun antara HRC dan Marc Marquez, kedua belah pihak telah sepakat untuk mengakhiri kerja sama mereka setelah selesainya musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023. Kedua belah pihak sepakat bahwa mereka memiliki kepentingan terbaik untuk mengejar jalan lain di masa depan untuk mencapai tujuan dan target masing-masing.

'Ini mengakhiri 11 tahun kolaborasi antara #93 dan HRC di mana mereka telah meraih enam gelar Kejuaraan Dunia kelas utama, lima Triple Crown, 59 kemenangan, 101 podium, dan 64 posisi terdepan.

'Marquez meraih kemenangan debutnya di kelas utama dengan Honda RC213V di Grand Prix of the Americas di Austin, Texas pada tahun 2013 untuk menjadi pemenang kelas utama termuda dan menjadi Juara Dunia kelas utama termuda di tahun yang sama. Pada tahun 2014, ia berhasil mempertahankan gelarnya dan memenangkan 10 balapan berturut-turut di tahun tersebut, dan kemudian meraih gelar juara di tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019 sebagai pebalap HRC bersama Repsol Honda Team.

'Kedua belah pihak akan terus memberikan dukungan penuh untuk putaran-putaran yang tersisa di musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023.

 

Video Populer

Foto Populer