Sukses


Melihat Langsung Kondisi Terkini Chang International Circuit, Buriram: Punya Tikungan Ikonik, Tempat Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2019

Bola.com, Buriram - Asia Road Racing Championship 2023 memasuki seri terakhir. Chang International Circuit di Buriram, Thailand menjadi tuan rumah ajang itu akhir pekan ini.

Bola.com mendpatkan kesempatan langsung mengikuti seri terakhir Asia Road Racing Championship 2023 itu di Buriram. Sekaligus melihat bagaimana kondisi terkini sirkuit kebanggaan Thailand itu.

Menurut pantauan langsung Bola.com di lokasi pada Jumat (1/12/2023), kondisi Chang International Circuit bisa dikatakan masih sangat bagus.

Tak heran jika sampai saat ini sirkuit itu masih rutin menggelar balapan di level MotoGP. Satu hal yang paling menonjol dari Sirkuit Buriram adalah kesan sederhana tapi pas yang sangat terasa.

Sirkuit Buriram sendiri jadi tempat Marc Marquez mengunci titel juara dunia keenam pada MotoGP 2019. Jika Anda ingat, kala itu ia memenangkan duel melawan Fabio Quartararo pada lap terakhir.

Sirkuit Buriram turut punya area ikonik seperti trek lainnya. Tikungan 12 atau terakhir trek ini sangat ikonik.

Areanya sangat tricky karena pembalap harus melakukan hard braking usai sebelumnya melaju sangat cepat. Karena jenis tikungannya begitu lambat, banyak pembalap keluar jalur atau crash jika tidak cermat membaca situasi.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sejak 2014

Bola.com sempat melihat beberapa fasilitas dasar yang ada di sirkuit tersebut. Termasuk toilet, tribune penonton, dan ruang kerja media yang semuanya dalam kondisi bagus.

Chang International Circuit atau yang juga dikenal dengan sebutan Sirkuit Buriram pertama kali dibuka pada 2014. Sirkuit itu memerlukan satu setengah tahun untuk proses pembangunan.

Sosok Hermann Tilke menjadi arsitek sirkuit ini. Hermann Tilke adalah otak di balik banyak sirkuit hebat di berbagai penjuru dunia.

Sirkuit Buriram bisa menampung total 100 ribu penonton. Sirkuit itu juga memiliki satu grandstand besar yang bisa menampung 50 ribu penonton.

3 dari 3 halaman

Mandalika Tak Kalah

Sementara itu Indonesia juga tak kalah dengan Thailand yang bangga dengan Sirkuit Buriram. Di Indonesia ada Sirkuit Mandalika yang terletak di Nusa Tenggara Barat.

Bola.com sudah beberapa kali mengunjungi Sirkuit Mandalika. Sirkuit yang dibuka pada 2022 itu terus mengalami perbaikan dari tahun ke tahun.

Sama seperti Sirkuit Buriram, Sirkuit Mandalika juga menjadi langganan menggelar ajang balap besar termasuk Asia Road Racing Championship dan MotoGP.

Video Populer

Foto Populer