Sukses


Ternyata Ini Alasan Banyak Pembalap Hebat Indonesia Lahir dari Gunungkidul, Veda Ega Pratama Berikan Jawaban!

Bola.com, Buriram - Gunungkidul merupakan sebuah Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menariknya, Kabupaten itu menghasilkan banyak pembalap motor hebat Indonesia.

Ada sosok Sudarmono, Sigit PD, dan Yoga Adi Pratama yang pernah bersinar. Mereka cukup sering menjuarai ajang level nasional ketika masih aktif membalap.

Nama Sigit PD bahkan dikenal sangat perkasa ketika kejuaraan balap underbone Indonesia masih bernama Indoprix. 

Menariknya Gunungkidul seakan tidak pernah kehabisan bakat baru di kancah balap nasional. Kini, generasi baru telah hadir.

Sosok yang dimaksud adalah Veda Ega Pratama. Di usianya yang baru 15 tahun, Veda sudah bisa menjadi juara Asia Talent Cup 2023, event balap Asia yang sangat bergengsi.

Darah balap memang mengalir deras di dalam diri Veda Ega Pratama. Sebab, ia merupakan putra dari Sudarmono yang dahulu akrab disapa Momon.

Bola.com pun penasaran. Sebenarnya ada apa di Gunungkidul yang bisa menghasilkan banyak pembalap hebat.

"Enggak ada apa-apa, enggak ada sirkuit," kata Veda Ega kepada awak media termasuk Bola.com di Sirkuit Buriram di sela ajang Asia Road Racing Championship 2023 ketika ditanya mengenai tempat kelahirannya itu. "Ya enggak tahu juga ya," lanjutnya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berawal dari Motocross

Veda Ega Pratama kemudian menceritakan ketertarikannya pada dunia balap motor. Hal itu dimulai dari ajang motocross.

Veda Ega Pratama menyebut ia sudah rajin berlatih motocross sejak masih berusia empat tahun. Ia rajin berlatih setelah pulang sekolah.

"Mulai empat tahun motocross, itu saya latihannya di Jogja. Jadi saya pulang sekolah ke Jogja setiap hari," katanya.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Fasilitas yang Ada

Veda Ega Pratama kemudian menyebut beberapa sirkuit yang berperan dalam perkembangan kariernya sejauh ini. Menariknya, sirkuit-sirkuit itu bukanlah sirkuit permanen.

Satu di antaranya adalah Sirkuit Pasar Sapi yang terletak di Kecamatan Playen, Gunungkidul. Sirkuit itu dibangun di lapangan parkir kendaraan pasar.

"Saya biasanya latihan di Pasar Sapi atau di Boyolali, ya saya memaksimalkan itu," jelas Veda.

4 dari 4 halaman

Pesan dari Ayah

Veda Ega Pratama sudah meraih gelar Asia Talent Cup 2023 di usia yang masih sangat muda. Veda pun tak mau terlalu jemawa.

Sang ayah, Sudarmono pun kerap memberikan pesan kepada Veda Ega Pratama. Ia ingin terus menjalankan pesan dari sang ayah.

"Ayah selalu bilang intinya jangan menyepelekan, meski sudah sering menang," tandas Veda.

Video Populer

Foto Populer