Sukses


Bocor Kesan Pertama Marc Marquez soal Motor Ducati! Penasaran Kan, karena Dilarang Honda untuk Komentar

Bola.com, Jakarta - Percakapan Marc Marquez dengan sang crew chief baru di Gresini Racing, Frankie Carchedi, soal Ducati Desmosedici GP23 bocor ke publik pada Kamis (30/11/2023).

Padahal, Marc Marquez mendapatkan larangan dari Honda Racing Corporation (HRC) untuk berkomentar mengenai motor barunya.

Usai sebelas tahun membela Repsol Honda, Marquez pindah ke Ducati lewat Gresini pada 2024. Ia pun mendapatkan izin dari HRC untuk berpartisipasi dalam tes pascamusim di Valencia, Spanyol, pada Selasa (28/11/2023), meski masih terikat kontrak dengan HRC sampai 31 Desember 2023.

Namun, ada syarat dari HRC yang harus dipatuhi Marquez dan Gresini, yakni Marquez dilarang bicara dengan awak media mengenai motor barunya dan juga hasil tes tersebut.

Pada tes tersebut Marquez secara menakjubkan duduk di posisi keempat dalam keadaan dirundung cedera arm pump.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Padahal Garasi Dijaga Ketat

Selama tes berlangsung, Gresini juga menjadi tim yang paling ketat menjaga garasinya. Pintu garasi hanya dibuka ketika Marc Marquez akan berkendara.

Sekalinya Marc Marquez kembali, pintu garasi ditutup. Alhasil, tak satu pun awak media dan fotografer diizinkan masuk.

Uniknya, akun ErPapiLoDijo17 (@lo_er75165) di X pada Kamis mengunggah tangkapan video dari dalam garasi Gresini.

Dalam video tersebut, tampak tanda air Sky Sport Italia di pojok kanan atas, yang berarti salah satu kameramen mereka berhasil masuk ke garasi Gresini.

Tak hanya itu, mikrofon kamera Sky Sport Italia juga berhasil menangkap mayoritas obrolan antara Marquez dan Carchedi, yang kala itu juga dikerubungi oleh para teknisi Gresini, para insinyur Ducati, dan juga test rider andalan Ducati Corse, Michele Pirro.

3 dari 3 halaman

Sebut Ducati Lebih Mudah Dikendarai dari Honda

Dalam percakapan tersebut, Marquez menjelaskan sensasi yang ia rasakan di atas Ducati, terutama dalam pengereman dan akselerasi jika dibanding dengan motor RC213V milik Honda. Meski butuh waktu untuk adaptasi, Marquez menyatakan bahwa Ducati jauh lebih mudah dikendarai.

"Sensasiku ketika aku mengerem di trek lurus adalah aku tak bisa mengerem secara agresif. Ban belakang selip dan motornya menjadi tidak stabil untuk tetap berada di tikungan... Namun, kepercayaan diriku ada, walau aku tak tahu kapan aku harus masuk ke tikungan," ujar Marquez.

"Soal kondisi fisik, motor ini tidak terlalu menuntut dibanding Honda. Maksudku, sangat mudah dikendarai, begitu pula dalam perubahan arah, seperti dari Tikungan 9-10 dan 12-13," lanjut sang delapan kali juara dunia, yang juga mengaku merasakan grip yang baik pada ban belakang.

Marquez akan kembali turun lintasan dalam tes pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 6-8 Februari 2024.

Sumber: Sky Sport Italia, X/lo_er75165

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, Published 01/12/2023)

Video Populer

Foto Populer