Sukses


Resmi Diakuisisi Liberty Media, MotoGP Akan Berada di Bawah Payung yang Sama dengan Formula 1

Bola.com, Jakarta - Pemilik Formula1, Liberty Media, telah mengonfirmasi proses akuisisi MotoGP senilai 4,2 miliar euro atau sekitar Rp719 triliun.

Kesepakatan ini akan selesai pada akhir 2024 dan masih menunggu persetujuan dari otoritas hukum persaingan usaha dan penanaman modal asing di berbagai yuridiksi.

Langkah menakjubkan ini tentu akan menyatukan kejuaraan balap motor paling menarik di dunia dengan seri mobil balap terbaik di dunia.

Berdasarkan ketentuan akuisisi MotoGP yang dilakukan oleh Liberty Media, Dorna yang sebelumnya merupakan pemegang hak MotoGP, akan tetap menjadi perusahaan yang dijalankan secara independen. Dorna akan menjadi bagian dari tracking stock Formula1 milik Libery Media.

Carmelo Ezpeleta juga akan tetap menjadi CEO Dorna, di mana manajemen Dorna masih memiliki 14 persen dari saham bisnis ini, mengingat Liberty Media mengakuisisi saham sebesar 86 persen. Ezpeleta dan timnya akan terus menjalankan bisnis MotoGP, tapi akan dilanjutkan di Madrid.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bisnis dengan Keuntungan yang Signifikan

Presiden CEO Liberty Media, Greg Maffei, menegaskan bahwa setelah proses akuisisi ini, MotoGP akan lebih dikembangkan lebih luas lagi demi penggemar, tim, hingga semua mitra bisnis.

"Kami sangat senang bisa memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan terkemuka dengan mengakuisisi MotoGP," pernyataan Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei, seperti dilansir Crash.

"MotoGP adalah sebuah kompetisi global dengan basis penggemar yang setia dan antusias, memiliki balapan yang luar biasa, dan profil finansial yang terus menghasilkan arus keuangan yang tinggi."

"Carmelo dan tim manajemennya telah membangun tontonan olahraga hebat yang bisa kami kembangkan ke khalayak global yang lebih luas."

"Bisnis ini memiliki keuntungan signifikan dan kami bermaksud mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Bukti Nyata Nilai Besar MotoGP

Sementara itu, Carmelo Ezpeleta juga menyambut baik akuisisi yang dilakukan Liberty Media terhadap MotoGP. Menurutnya, akuisisi ini adalah bentuk nyata bahwa nilai dan potensi MotoGP memang luar biasa.

"Ini langkah sempurna berikutnya dalam evolusi MotoGP, dan kami sangat antusias dengan pencapaian ini bagi Dorna, paddock MotoGP, dan penggemar balapan," ujar Carmelo Ezpeleta.

"Kami bangga dengan olahraga global yang telah kami kembangkan, dan transaksi ini merupakan pembuktian dari nilai olahraga dan potensi pertumbuhannya saat ini."

"Liberty memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam mengembangkan aset olahraga dan kami mengharapkan mitra yang lebih baik untuk memperluas basis penggemar MotoGP di seluruh dunia," lanjutnya.

Sumber: Crash

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer