Sukses


Cetak Triple - Double ke-50, Russell Westbrook Masuk Grup Elite

Bola.com, Oklahoma City - Russell Westbrook bergerak di sekitar layar kiri, melakukan inside-out push dribel untuk kembali ke tengah, kemudian memberikan umpan ke Steven Adams saat dikerubungi defender lawan. Hasilnya? Adams bisa melakukan dunk dengan mudah dan salah satu assist terbaik sepanjang karier Westbtook, yaitu 22. 

Oklahoma City Thunder akhirnya mengalahkan Phoenix Suns 114-101 dalam laga lanjutan NBA musim 2016-2017 di Chesapeake Energy Arena, Sabtu (17/12/2016) waktu setempat atau Minggu (18/12/2016) WIB.  Pelatih kepala Billy Donovan menggunakan serangan cepat sehingga Thunder mampu unggul dobel digit pada kuarter pertama dan keunggulan di kolom skor tak pernah turun di bawah delapan poin setelah itu.

Westbrook total menyumbangkan 26 poin, 11 rebound, dan 22 assist dalam pertandingan tersebut. Triple dobel Westbrook tersebut merupakan yang ke-13 pada musim ini atau yang ke-59 sepanjang kariernya. Dia menjadi pemain keenam yang membukukan 50 triple dobel dalam sejarah NBA alias masuk grup elite yang mampu membuat rekor istimewa tersebut. Ini juga torehan 25 poin dan 20 assist dalam triple dobel pertama yang tercipta di NBA sejak Magic Johson melakukan hal serupa pada musim 1988-1989.     

Meskipun triple dobel Westbrook benar-benar membantu lini serang, namun sebenarnya barisan belakang Thunder yang mampu meredam amukan Suns. Pada malam itu, Suns hanya membukukan 43,3 tembakan berhasil, termasuk hanya 34,8 persen tembakan sukses dalam 24 menit pembuka. 

"Para pemain kami melakukan tugas luar biasa di pertahanan malam ini, terutama pada paruh pertama. Kami saling membantu, berotasi, dan merebut bola. Kami melakukan banyak hal positif," kata pelatih Thunder, Billy Donovan,  seperti dikutip NBA.com

"Ketika kami bertahan, kami menempatkan posisi kami untuk memenangi laga. Itu seharusnya menjadi identitas kami. Ketika kami bertahan di level tinggi, kami biasanya punya peluang bagus untuk memenangi laga," sambung Donovan.  

Alasan utama tim asuhan Donovan mampu menahan Suns adalah cara bertahan saat transisi.  "Kami bagus dalam transisi. Mereka tim yang cepat dan begitulah cara mereka mencetak banyak poin. Kami melakukan kerja luar biasa untuk menahan mereka di belakang, dan mencoba memaksa mereka mencetak poin dari lapangan tengah," kata Westbrook. 

"Itu benar-benar pertandingan besar, terutama pada paruh pertama. Itu merupakan kunci penting," kata Donovan. 

Thunder membukukan 50,6 persen tembakan berhasil dari area dua poin, termasuk 7 dari 16 tembakan tiga poin serra 28 assist. Lima pemain berbeda juga mencetak poin double digit.  Tajamnya lini serang Thunder tentu tak lepas dari penampilan dinamis Westbrook, yang seperti bocah sedang bermain dengan teman-temannya. 

"Rekan setim saya melakukan tugas luar biasa untuk membua ruang, mengejar bola, dan melepaskan beberapa tembakan. Tugas saya adalah menemukan pemain-pemain tersebut," kata Westbrook. 

Laga dalam Angka

22 – Assist Russell Westbrook pada malam itu, rekor tertinggi Thunder dalam satu laga. 

22-0 – Keunggulan Thunder saat fast break points jadi kunci penting dalam pertandingan. 

50,6 – Persentase tembakan Thunder pada malam itu, sedangkan lima pemain berbeda membukukan dobel digit poin dan mencetak 28 assist.

Kata-kata terakhir: 

"Kami sangat efisien saat menyerang. Semuanya karena peran Russell Westbrook dan cara kami mengontrol segalanya. Ketika dia efisien seperti yang dilakukannya malam ini di semua aspek dan benar-benar fokus, maka itu sangat membantu lini serang kami," kata pelatih kepala Oklahoma City Thunder, Billy Donovan.  

 

Video Populer

Foto Populer