Sukses


Final NBA 2017 dalam Angka

Bola.com, New York - Cleveland Cavaliers akan bertemu dengan Golden State Warriors pada Final NBA 2017 yang bersejarah yang akan dimulai pada Kamis (1/6/2017) atau Jumat (2/6/2017) WIB. Untuk pertama kali dalam sejarah NBA, dua tim yang sama akan saling berhadapan di Final tiga tahun secara beruntun.

Cleveland dan Golden State berbagi gelar pada dua musim terakhir. Tahun lalu, Cavaliers meraih titel NBA pertama dalam sejarah tim dengan menjadi tim pertama yang membalikkan defisit 1-3 untuk meraih kemenangan pada Final NBA. Dua tahun silam, Warriors mengalahkan Cavaliers dalam enam gim untuk merebut gelar NBA pertama mereka dalam 40 tahun.

Berikut ini adalah angka-angka yang menyertai Final NBA 2017, yang bisa disaksikan secara langsung di 215 negara dan beberapa wilayah di 49 negara lewat televisi, komputer, ponsel, dan tablet.

2 dari 8 halaman

Sejarah

3 - Final tahun ini akan menandai pertama kalinya dua tim bertemu untuk memperebutkan titel NBA tiga musim secara beruntun sepanjang 71 tahun sejarah NBA.

61 - Final NBA 2017 antara Cavaliers dan Warriors akan menjadi yang pertama dalam 61 tahun di mana dua tim dari liga olahraga profesional besar Amerika Utara bertemu untuk ketiga kalinya secara beruntun untuk memperebutkan gelar juara.

4 - Di antara NBA, NFL, MLB, dan NHL, Cavaliers-Warriors menandai keempat kalinya dua tim akan bermain untuk memperebutkan titel tiga tahun secara beruntun. (NFL - Cleveland Browns vs Detroit Lions, 1952-1954; MLB - New York Yankees vs New York Giants, 1921-1923; NHL - Detroit Red Wings vs Montreal Canadians, 1954-1956).

3 dari 8 halaman

Cleveland Cavaliers vs Golden State Warriors

11 - Kedua tim total memiliki 11 pemain All-Stars atau yang terbanyak di Final NBA sejak edisi 1983 antara Los Angeles Lakers dan Philadelphia 76ers.

12 - Warriors merupakan tim pertama dalam sejarah NBA yang memenangi 12 gim pertama playoff dalam perjalanan menuju Final dalam satu postseason.

7 - Empat kali MVP NBA LeBron James dari Cleveland akan menjadi pemain ketujuh dalam sejarah NBA yang bermain di Final dalam tujuh musim beruntun.

Pemain lain yang membukukan catatan tersebut bermain untuk Boston Celtics pada era 1950-an dan 1960-an, yaitu Bill Russell (10 penampilan beruntun di Final), Tom Heinsohn (sembilan), K.C. Jones (delapan), Sam Jones (sembilan), Frank Ramsey (delapan), dan Bob Cousy (tujuh).

30 - Jersey nomor 30 milik dua kali MVP NBA Stephen Curry kembali memimpin daftar jersey NBA paling populer. Jersey guard Warriors ini selalu menjadi yang terpopuler dalam dua musim reguler terakhir.

1.000 - Golden State dan Cleveland merupakan dua dari tiga tim (bersama Houston Rockets) yang memasukkan 1.000 tembakan tiga angka pada musim reguler NBA.

Warriors memasukkan 1.077 tembakan tiga angka pada musim lalu atau yang terbanyak kedua dalam semusim sepanjang sejarah NBA. Cavaliers memasukkan 1.067 tembakan tiga angka pada musim ini atau yang terbanyak ketiga. Rekor tertinggi masih dipegang Houston yang memasukkan 1.181 tembakan tiga angka pada musim ini.

2 - Pelatih kepala Cleveland Tryonn Lue berpeluang menjadi orang kedua sepanjang sejarah yang menjadi juara NBA pada dua musim pertama sebagai pelatih kepala. Satu-satunya pelatih yang melakukannya hingga saat ini adalah John Kundla (Minneapolis Lakers pada 1949 dan 1950).

4 dari 8 halaman

Final di Stasiun Televisi ABC

9 - Mark Jackson akan menjadi analis Final NBA untuk kesembilan kali atau yang terbanyak di antara analis African-American dalam sejarah televisi nasional yang menyiarkan laga Final.

8 - Tahun ini akan menandai kedelapan kalinya tim yang terdiri atas Mike Breen, Jackson, Jeff Van Gundy, dan Doris Burke menjadi pemandu acara Final NBA secara bersama-sama.

5 dari 8 halaman

NBA Digital

21 - Analis studio NBA TV total telah tampil dalam 21 laga Final NBA (Shaquille O'Neal: 6; Kevin McHale: 5; Isiah Thomas: 3; Kenny Smith: 2; Brent Barry: 2; Charles Barkley: 1; Steve Smith: 1; Dennis Scott: 1).

90 - Live At The Finals, program berdurasi 90 menit sebelum tip-off di NBA TV, akan disiarkan setiap menjelang gim Final.

6 dari 8 halaman

Media Sosial NBA

1,3 Miliar - NBA telah menciptakan komunitas media sosial terbesar di dunia dengan lebih dari 1,3 miliar likes dan followers secara global dari seluruh platform milik liga, tim, dan pemain.

90 Juta - LeBron James merupakan pemain NBA dengan jumlah pengikut terbanyak di media sosial dengan 90 juta followers yang merupakan gabungan dari Facebook (23,1 juta), Twitter (36,4 juta), dan Instagram (30,5 juta).

7 dari 8 halaman

Final NBA di Seluruh Dunia

265 - Ada lebih dari 265 anggota media internasional dari lebih dari 35 negara dan wilayah akan hadir di arena pertandingan untuk meliput Final NBA 2017.

16 - 16 jaringan radio dan televisi internasional dari Belgia, Brasil, China, Prancis, Italia, Jepang, Meksiko, Timur Tengah, Filipina, Polandia, Spanyol, dan Taiwan akan menyediakan live onsite commentary (komentar langsung di tempat).

14 - 14 jaringan televisi akan menyiarkan laga Final NBA untuk pertama kali, yaitu GreatSports Channel (China), DAZN (Jerman), LeSports (Hong Kong), DAZN (Jepang), Kwese Sports (Pan-Africa), NBA TV - MEO (Portugal), Russiabasket.ru (Rusia), Eleven Sports Network (Singapura), Aftonbladet.se (Swedia), Elevensportsnetwork.tw (Taiwan), AIS Play (Thailand), NBA TV- Turkcell TV (Turki), S SPor (Turki), dan VTVcab (Vietnam).

8 dari 8 halaman

NBA Cares

1.089 dan 1090 - Westlake Middle School dan Boys & Girls Club of Cleveland di East Tech High School akan menjadi tempat ke-1089 dan 1.090 yang dibuat lewat NBA Cares di mana anak-anak dan keluarga bisa tinggal, belajar, dan bermain di 36 negara dan wilayah.

Video Populer

Foto Populer