Sukses


Pelatih Legendaris LA Lakers Tutup Usia

Bola.com, Minnesota - Pelatih legendaris Lakers, John Kundla, tutup usia, Minggu (23/7/2017) waktu setempat. Kundla, pelatih yang membawa Minneapolis Lakers lima kali juara NBA, meninggal pada usia 101 tahun.

Sang putra, Tom Kundla, mengatakan ayahnya meninggal di Northeast Minneapolis.

John Kundla merupakan pelatih andalan Lakers sebelum era Phil Jackson, Pat Riley, Gregg Popovich, maupun Larry Brown. Dengan dibantu tangan kanannya. George Milan, Kundla menjelma menjadi pelatih yang sangat berpengaruh. Dia dikenal tenang dan bertangan dingin saat memimpin timnya.

Di bawah kendali Kundla, Lakers memenangi kompetisi BAA (cikal bakal NBA) pada 1949. Kesuksesan tersebut berlanjut pada NBA musim 1950, 1952, 1953, dan 1954. Lakers juga memenangi titel NBL pada 1948. Namun, pencapaian pada ajang NBL tidak dimasukkan ke rekor NBA.

Kundla merupakan anggota Hall of Fame yang tertua pada empat olahraga profesional utama di Amerika Serikat. Dia masuk daftar Hall of Fame pada 1995. Setahun berselang, dia dinobatkan sebagai satu dari 10 pelatih terbaik dalam sejarah NBA.

Dia direkrut Lakers pada usia 31 tahun dan mundur saat berusia 42 tahun. Rekornya sebagai pelatih Lakers 423 kemenangan dan 302 kekalahan.

"John merupakan pilar luar biasa untuk basket Minnesota," kata pemilik Timberwolves dan Lynx, Glen Taylor, seperti dilansir NBA.com.

"Dia merupakan pelatih terbaik sepanjang masa di NBA. Dia berpengaruh besar di NBA, baik dalam melatih maupun untuk laga secara keseluruhan," kata arsitek Minnesota Timberwolves, Tim Thibodeau, mengenai sosok pelatih legendaris Lakers tersebut.

Video Populer

Foto Populer