Sukses


Renang Olimpiade: Banjir Rekor dan Momen Emas Michael Phelps

Bola.com, Rio de Janeiro - Perenang Amerika Serikat, Michael Phelps, menjadi bintang pada hari kedua perlombaan cabang renang Olimpiade Rio de Janeiro 2016 yang diwarnai tiga pemecahan rekor dunia, Minggu (7/8/2016) waktu Brasil atau Senin (8/8/2016) pagi WIB.

Maria Lenk Olympic Aquatic Centre menjadi saksi sejarah saat Phelps membawa tim Amerika Serikat memenangi nomor estafet 4x100 meter gaya bebas putra untuk meraih medali emas ke-19 di Olimpiade.

Turun sebagai perenang kedua, Phelps tampil luar biasa. Perenang berusia 31 tahun itu mampu mengejar atlet Prancis yang memimpin pada leg pertama dan bahkan berbalik unggul dengan menorehkan catatan waktu 47,12 detik.

Berkat Phelps, AS tak terkejar lagi. Ryan Held dan Nathan Adrian mampu menjaga keunggulan tersebut hingga menjadi tim tercepat yang menyelesaikan lomba dengan catatan waktu akhir 3 menit, 09,92 detik.

Juara bertahan Prancis harus puas meraih perak dengan catatan waktu 3:10,53 menit. Perunggu menjadi milik Australia yang membukukan 3:11,37.

Dengan tambahan satu medali emas, Phelps semakin menegaskan statusnya sebagai atlet Olimpiade tersukses sepanjang masa. Total dia sudah mengoleksi 23 medali (19 emas, 2 perak, dan 2 perunggu) sejak debut di pesta olahraga terbesar sejagad itu pada 2000 di Sydney.

Phelps masih berpeluang menambah tiga medali lagi karena akan turun juga di nomor 100 dan 200 meter gaya kupu-kupu serta 200 meter gaya ganti individual putra.

Selain Phelps, ada tiga perenang lain yang juga mencuri perhatian pada hari kedua, yakni Adam Peaty, Sarah Sjostrom, dan Katie Ledecky. Ketiganya sukses membukukan rekor dunia baru.

Sjostrom memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri saat meraih medali emas nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri dengan catatan waktu 55,48 detik. Rekor lama perenang asal Swedia itu adalah 55,46 detik yang dibukukan pada Kejuaraan Dunia Renang 2015 di Kazan, Rusia.

Peaty juga memecahkan rekor dunianya sendiri untuk merebut medali emas nomor 100 meter gaya dada putra. Perenang Inggris itu menorehkan catatan waktu 57,13 detik untuk mematahkan rekor lama yang dibuatnya pada babak heat, Sabtu (6/8/2016), yaitu 57,55 detik.

Peaty meneruskan tradisi Inggris yang selalu meraih medali emas pada setiap penyelenggaraan Olimpiade sejak Athena 1896.

"Saya masih tak percaya. Rasanya sungguh luar biasa. Mungkin saya tak akan bisa tidur nanti malam," kata Peaty seperti dilansir AFP.

Rekor dunia terakhir dipecahkan oleh Katie Ledecky. Perenang AS itu juga memecahkan rekornya sendiri saat meraih medali emas nomor 400 meter gaya bebas putri. Dia menorehkan catatan waktu 3 menit, 56,46 detik atau lebih cepat dua detik dari rekor lamanya, 3:58,71 menit, yang dibuat pada Kejuaraan Renang Pan Pacific di Gold Coast, Queensland, Australia, pada 2014.

Sejak hari pertama, total sudah ada lima rekor dunia yang pecah di cabang renang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Dengan tambahan dua emas dari Michael Phelps dkk. dan Katie Ledecky pada hari kedua, Amerika Serikat sementara memimpin klasemen perolehan medali cabang renang dengan meraih total 8 medali (2 emas, 3 perak, dan 3 perunggu).

Video Populer

Foto Populer