Sukses


Ini Komentar Atlet Peraih Medali Emas Olimpiade Pertama Kosovo

Bola.com, Rio de Janeiro - Atlet judo Kosovo, Majlinda Kelmendi, membuat sejarah pada ajang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Dia menjadi atlet pertama yang mempersembahkan medali emas untuk negaranya pada ajang Olimpiade. 

Bertanding di kelas 52kg putri, Kelmendi berhasil merebut medali emas setelah mengalahkan pegulat Italia, Odette Giuffrida. Menurut laporan ABC, atlet berusia 25 tahun itu langsung terduduk dan meneriakkan nama negaranya setelah mengalahkan Odette.

"Saya selalu ingin menunjukkan bahwa Kosovo bukanlah negara yang baru saja melalui perang. Atlet Kosovo dan generasi muda Kosovo bisa menjadi apa saja, termasuk juara Olimpiade, walaupun kami datang dari negara miskin," kata Kelmendi seperti dikutip ABC, seusai pertandingan, Minggu (7/8/2016) WIB.

Bagi Kelmendi, ini bukan Olimpiade pertamanya. Pada Olimpiade London 2012, atlet nomor satu dunia itu sudah bersaing dengan pejudo lainnya. Namun ketika itu dia membawa panji Albania karena Kosovo belum menjadi bagian dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

"Jujur, saya datang kemari untuk memenangi medali emas, tapi ini gila. Ini pertama kalinya Kosovo menjadi bagian dari Olimpiade, saya pikir medali emas ini sungguh luar biasa," ujar Kelmendi dalam situs resmi Olimpiade. 

Kelmendi mengungkapkan pernyataan Presiden IOC, Thomas Bach, juga ikut berperan dalam memotivasi dirinya. Dia teringat pernyataan Bach saat mengunjungi Kosovo tahun lalu, yang ingin melihatnya menang di Rio. 

"Hari ini dia mengatakan, 'Kamu masih mengingat mimpimu, dan sekarang kamu berhasil mewujudkannya'. Itu membuat saya bangga," tutur atlet yang pada Olimpiade sebelumnya gagal menembus babak kedua. 

 

Video Populer

Foto Populer