Sukses


13 Atlet asal Yunani Justru Membela Negara Lain di Olimpiade Rio

Bola.com, Rio de Janeiro - Sebanyak 13 atlet yang lahir di Yunani memutuskan untuk membela negara lain pada ajang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Mereka memutuskan untuk berganti kewarganegaraan karena beberapa alasan, salah satunya adalah tak mendapat dukungan penuh dari pengurus olahraga di Yunani. 

Irene Maria Aexandri, Anna Maria Aexandri, dan Vassiliki Alexandri termasuk di kategori yang pindah kewarganegaraan karena tak mendapat dukungan dari federasi olahraga di Yunani. Tiga atlet renang ini memutuskan untuk membela Austria setelah gagal masuk dalam bagian tim renang Yunani nomor sinkronisasi.  

Padahal, ketiganya meraih gelar juara Eropa pada nomor tersebut di Baku pada tahun 2015. Seorang pelatih berkebangsaan Austria yang melihat bakat mereka langsung menawari ketiganya untuk datang ke negaranya dan berlatih di sana. 

Lengkapnya fasilitas di Austria membuat mereka betah tinggal di Austria. Irene, Anna, dan Vassiliki akhirnya memutuskan untuk berganti kewarganegaraan dan mewujudkan mimpi tampil di Olimpiade.

"Pada Olimpiade Rio kami akan menjadi atlet termuda untuk cabang renang sinkronisasi. Akhirnya kerja keras dan kesabaran kami membuahkan hasil di Austria," sebut Anna seperti dikutip Greek Reporter, belum lama ini. 

Sementara itu, Afrodite Kyaranakou mengaku beralih menjadi warga negara Spanyol karena menganggap negara barunya itu memahami kebutuhan dan siap membantu untuk mendapatkan prestasi. Perlakuan ini berbeda dari yang dia terima saat masih membela Yunani.

"Kondisi di Yunani sangat mengecewakan. Di Spanyol, saya didampingi teknisi dan ilmuwan yang hebat. Sementara Presiden Federasi Olahraga Layar Spanyol, yang sebelumnya seorang atlet profesional, selalu berada di samping atlet," ucap atlet yang memakai nama Afrodite Zeger pada Olimpiade 2016

Berikut ini adalah daftar atlet kelahiran Yunani yang akhirnya membela negara lain pada ajang Olimpiade Rio de Janeiro 2016: 

Sideris Tasiadis (kano, kini membela Jerman)

Thanasis Kokkinakis (tenis, Australia)

Lea Yanitsas (polo air, Australia)

Joseph Polossifakis (anggar, Kanada)

Donna Nakalis (pentathlon, Kanada)

Costas Louloudis (dayung, Inggris Raya)

Helen Maroulis (gulat, Amerika Serikat)

Dimitrios Chondrokoukis (aletik, Siprus)

Antonis Martasidis (angkat berat, Siprus)

Video Populer

Foto Populer