Sukses


Olimpiade: Rebut Medali Emas ke-22, Phelps Ukir Sejarah Lagi

Bola.com, Rio de Janeiro - Perenang Amerika Serikat (AS), Michael Phelps meraiah medali emas ke-22 di ajang olimpiade seusai memenangi final nomor 200 meter gaya ganti perseorangan di Rio de Janeiro, Jumat (12/8/2016) pagi WIB. Tambahan emas ini mengantar Phelps mengukir sejarah baru sebagai perenang pertama yang mampu memenangi nomor pertandingan yang sama dalam empat olimpiade beruntun.   

Lomba di nomor ini disebut-sebut sebagai rivalitas langsung antara dua perenang hebat AS, Phelps dan Ryan Lotchte. Phelps kali ini benar-benar perkasa, berhasil finis dengan catatan waktu 1 menit 54,66 detik. Pemegang 12 gelar medali Olimpiade, Lotchte, tak mampu menyaingi kompatriotnya itu.

Dia bahkan gagal naik podium, setelah meraih dua medali perak dan perunggu di belakang Phelps pada tiga olimpiade sebelumnya.  Lochte hanya mampu finis di urutan kelima, hampir terpaut tiga detik dari Phelps.  Medali perak disabet perenang Jepang, Kosuke Hagino, sedangkan perunggu menjadi milik Wang Sung dari China.  

Tapi, Phelps memang bukan saingan mereka. Dia sedang bertarung dengan dirinya sendiri. Dia berhasil menambah satu lagi medali emas di olimpiade terakhirnya. Koleksi medalinya kini berjumlah 26 keping, dengan perincian 22 emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu. 

Prestasi Phelps memang luar biasa. Tak heran, dia mendapat sambutan hangat dari penonton dengan spanduk bertuliskan "Phelps Olimpiade Terhebat Sepanjang Masa". Phelps pun tampak terharu saat mendengarkan lagu kebangsaan AS saat upacara penyerahan medali. Setelah itu, dia merentangkan tangannya untuk mengucapkan terima kasih kepada fans. 

Phelps masih mengincar empat medali emas beruntun di nomor 100 meter gaya kupu-kupu. Dia kemudian akan menutup penampilannya di Olimpiade Rio di nomor estafet 4 x 100 meter gaya ganti. Diprediksi, di bakal bisa memenangi dua nomor tersebut alias merengkuh enam emas di Olimpiade 2016 

 

Video Populer

Foto Populer