Sukses


Phelps Puji Schooling Setinggi Langit

Bola.com, Rio de Janeiro - Michael Phelps melontarkan pujian setinggi langit kepada perenang muda Singapura, Joseph Schooling, yang meraih medali emas nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra Olimpiade Rio de Janeiro, Jumat (12/8/2016).

Schooling secara mengejutkan mampu mengalahkan tiga favorit juara, yaitu Phelps (AS), Laszlo Cseh (Hungaria), dan Chad Le Clos (Afrika Selatan), untuk mempersembahkan medali emas pertama buat Singapura di Olimpiade. Phelps, Cseh, dan Le Clos harus puas dengan medali perak setelah mencatat waktu yang sama (51,14 detik).

Schooling bukan cuma menggagalkan ambisi Phelps merebut medali emas ke-23 di Olimpiade. Dengan mencatat waktu 50,39 detik, perenang berusia 21 tahun itu juga memecahkan rekor Olimpiade milik Phelps (50,58 detik) yang dibuat di Beijing, China, pada 2008. Schooling pun mematahkan dominasi Phelps di nomor 100 meter gaya kupu-kupu dalam tiga edisi Olimpiade terakhir.

Meski gagal meraih emas pada penampilan terakhinya di Olimpiade, Phelps menerima kekalahan secara sportif. Atlet tersukses dalam sejarah Olimpiade itu bahkan secara terang-terangan mengakui kehebatan Schooling. Phelps akan pensiun setelah Olimpiade Rio 2016.

"Joe (Schooling) adalah perenang yang tangguh. Dia tampil hebat sepanjang dua tahun terakhir. Jadi, saya harus angkat topi kepadanya," kata Phelps seperti dikutip dari Sportingnews, Sabtu (13/8/2016).

Schooling mulai mencuat setelah meraih dua medali emas pada SEA Games (SEAG) 2011 di Indonesia. Prestasinya meningkat dengan merebut lima medali emas pada SEAG 2013 di Myanmar.

Nama Schooling semakin berkibar setelah menyabet medali emas Asian Games 2014 di Incheon, Korsel, dan memborong total sembilan keping emas pada SEAG 2015 di Singapura.

Meski sudah mencatat prestasi yang mentereng, Schooling masih tak percaya bisa menjadi juara di Olimpiade.

"Saya benar-benar merasa terhormat bisa memiliki kesempatan berduel dengan perenang-perang hebat di Olimpiade seperti Michael (Phelps), Chad (Le Clos), dan Laszlo (Cseh)," ujar Schooling.

Usai lomba, Schooling terlihat berbincang dengan Phelps. Schooling ternyata meminta Phelps untuk menunda pensiun.

"Michael Phelps menyebut saya telah melakukan pekerjaan hebat. Lalu, saya memintanya berkarier empat tahun lagi. Namun sayangnya dia menolak. Padahal akan sangat menyenangkan jika bisa terus bersaing dengannya," tutur Joseph Schooling.

***

EVENT SPESIAL PESTA BEAT LIVE STREAMING 8 KOTA

Video Populer

Foto Populer