Sukses


Atlet Afsel Raih Medali Emas Olimpiade Berkat Ditempa Sang Nenek

Bola.com, Rio de Janeiro - Pelari Afrika Selatan, Wayde Van Niekerk, sukses merebut medali emas pada cabang atletik nomor 400 meter Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dengan catatan waktu 43,03 detik, Minggu (14/8/2016) waktu setempat. Catatan Van Niekerk itu mematahkan rekor yang dibuat Michael Johnson pada tahun 1999, yaitu 43,18 detik. 

Prestasi atlet berusia 24 tahun tersebut ternyata tak lepas dari peran sang nenek, Anna Botha. Maklum, wanita berusia 74 tahun itulah yang menjadi pelatih Van Niekerk 

"Dia membuat saya menjadi sosok yang disiplin dan mencapai posisi yang saya inginkan. Dia orang pertama yang mengajak saya untuk menjadi atlet lari, dan meyakinkan saya bisa menjadi apapun dengan olahraga ini," ujar van Niekerk seperti dikutip CNN, Selasa (16/8/2016) WIB. 

Sedangkan Botha mengaku punya kecocokan dengan Van Niekerk meskipun usia mereka terpaut 50 tahun. Hal ini membuatnya tak mengalami kesulitan dalam melatih Van Niekerk. "Saya sangat menyayangi cucu saya dan tertawa bersama, tapi di saat dia harus bekerja keras kami harus berusaha maksimal," ucap Botha.

Van Niekerk memenangi cabang atletik 400m dengan mengalahkan pelari Grenada, James Kirani, yang berada di posisi kedua dengan selisih 0,73 detik. Sementara posisi ketiga ditempati atlet Amerika Serikat, Lashawn Merritt, yang terpaut 0,82 detik dari Van Niekerk.

Dia mengaku cukup terkejut dengan hasil ini. "Saya pikir akan ada orang yang akan menyusul saya karena saya merasa sangat sendirian," tuturnya.

"Ini memberikan saya semangat untuk terus maju dan tidak ada waktu bagi saya untuk bersantai.  Sesampainya di garis finis, saya langsung bertekuk lutut dan berterimakasih kepada Tuhan atas prestasi yang sudah saya capai," tambah atlet yang baru pertama kali tampil di Olimpiade tersebut.

Video Populer

Foto Populer