Sukses


5 Fakta Kekayaan Atlet Olimpiade Tersukses, Michael Phelps

Bola.com, Rio de Janiero - Dengan 27 medali yang 23 di antaranya emas selama Olimpiade, Michael Phelps, menjadi atlet terbesar Olimpiade sepanjang sejarah. Titel tersebut tentu menjadikannya incaran banyak merek ternama dunia.

Menurut Money Nation, Under Armour sebagai apparel olahraga terbesar di Amerika Serikat mensponsori Michael Phelps hingga 5 juta dolar AS per tahun.

Akan ada banyak keuntungan bagi banyak merek untuk mempromosikan produknya bersama Phelps. Sebagai atlet terhebat Amerika Serikat, apapun yang dipakainya akan menjadi tren, belum lagi barang-barang tersebut akan ikut bersamanya di semua kompetisi.

Berikut ini adalah fakta kekayaan Michael Phelps:

2 dari 6 halaman

1

Memiliki kekayaan 45 juta dolar Amerika Serikat

Michael Phelps memiliki nilai kekayaan sebesar 45 juta dolar Amerika Serikat, atau jika dikonversikan adalah Rp 590 miliar, setelah pajak dan pengeluaran lainnya. Keikutsertaannya di Olimpiade Athena 2004 untuk kedua kalinya dan memenangkan enam emas dan dua medali perunggu, menaikkan nilai bersihnya menjadi 2,64 juta dolar Amerika Serikat atau Rp 34,6 miliar.

Peningkatan ini tentunya sangat mencolok, dibandingkan setahun sebelumnya saat dia belum menyumbangkan medali emas Olimpiade Sydney 2000. Pada tahun 2003, kekayaan bersihnya adalah 1,3 juta dolar Amerika Serikat atau Rp 17,4 miliar.

Menurut Money Nation, sebagian besar nilai bersihnya tersebut berasal dari sponsor. Nilai sponsor yang didapatkan Phelps sebelum pajak sejak tahun 2001-2016 adalah 94 juta dolar Amerika Serikat, atau jika dirupiahkan sebesar Rp 1,2 triliun.

3 dari 6 halaman

2

Diikat banyak sponsor

Setelah Olimpiade Beijing 2008, Phelps menerima uang sebesar 1 juta dolar atau Rp 13,1 miliar dari Speedo. Dari uang tersebut digunakan untuk mendirikan Michael Phelps Foundation, yang bertujuan untuk memimpin gaya hidup sehat melalui renang.

Sejak itu, Phelps juga menandatangani kerja sama dengan merek ternama lain seperti Visa, Omega Watches, Subway, Kellog, Under Armour, Louis Vitton, Procter and Gambel, Hilton, Powerbar, Head and Shoulder, dan banyak perusahaan lainnya.

Menurut laporan Money Nation, setiap tahunnya Phelps menerima 12 juta dolar AS atau Rp 157 miliar dari semua sponsornya.

4 dari 6 halaman

3

Penghasilan dari medali yang didapat

Komite Olimpiade Amerika Serikat memberikan uang hadiah bagi siapa saja yang berhasil memenangkan medali. Tahun ini, AS memberikan 25.000 dolar Amerika Serikat, atau Rp 327 juta untuk setiap medali emas yang dimenangkan, 15.000 dolar AS atau Rp 196 juta untuk setiap medali perak, dan 10.000 dolar AS atau Rp 131 juta untuk medali perunggu.

Tidak hanya di Olimpiade, Phelps juga mendapatkan hadiah uang tunai saat memenangi medali di ajang-ajang lain, seperti Kejuaraan Dunia dan Pan Pasific Championship. Hingga kini, Phelps diperkirakan meraup 1,8 juta dolar AS dari kesuksesannya merebut medali di ajang apapun.

5 dari 6 halaman

4

Tinggal di vila mewah seluas 2.000 meter persegi

Phelps baru saja membeli vila mewah di Paradise Valley,Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Rumah senilai 8 juta dolar AS atau Rp 104,9 miliar ini akan ditinggali istrinya, Nicole Johnson, dan anaknya yang berusia tiga bulan.

"Jika ke halaman belakang rumah kami, Anda akan menemukan berbagai pohon yang berbuah seperti pohon apel dan melon,” kata Phelps kepada USA Today.

6 dari 6 halaman

5

Kolektor mobil mewah

Menurut Muzul, Phelps punya tiga mobil mewah, yakni Mercedes-Benz SL63, BMW 760 Li dan Range Rover. Mercedes Benz SL 63 yang dia miliki berharga 218.475 dolar AS atau RP 2,9 miliar, BMW 760 Li senilai 141.200 dolar AS atau Rp 1,9 miliar, dan Range Rover yang berharga 186.495 dolar AS atau Rp 2,5 miliar.

Sumber: Money Nation

Video Populer

Foto Populer