Sukses


Phelps Tutup Karier dengan Rebut Emas ke-23 di Olimpiade

Bola.com, Rio de Janeiro - Legenda hidup renang Amerika Serikat (AS), Michael Phelps, merebut medali emas ke-23 pada penampilan terakhirnya di ajang Olimpiade, Sabtu (13/8/2016) waktu Brasil atau Minggu (14/8/2016) pagi WIB. Emas bersejarah itu diraihnya bersama tim AS pada nomor estafet 4 x 100 meter gaya ganti.

Emas dari nomor estafet tersebut juga menandai akhir karier Phelps di dunia renang. Dia menegaskan bakal pensiun seusai merampungkan lomba terakhirnya di Olimpiade Rio.  

Perenang berusia 31 tahun tersebut bahu-membahu menyabet emas kelima di ajang Olimpiade Rio tersebut bersama Ryan Murphy, Cody Miller, dan Nathan Adrian. Bukan hanya mendulang emas, tim putra AS ini juga mengukir rekor baru di Olimpiade dengan catatan waktu 27,95 detik. Medali perak direbut tim Inggris Raya, sedangkan perunggu diraih tim Australia.  

Ryan Murphy memulai perjuangan tim AS dengan memecahkan rekor dunia di gaya dada, dengan unggul 1,7 detik atas rival-rivalnya. Selanjutnya, berturut-turut Miller, Phelps dan Adrian menuntaskan tugasnya dengan sempurna.

"Kami bersama-sama melakukan estafet dengan luar biasa. Murph memulainya dengan rekor dunia, benaer-benar gila. Saya berkesempatan tampil bersama sejumlah perenang estafet terbaik sepanjang sejarah. Ini benar-benar sebuah kehormatan," ujar Phelps, seperti dilansir CBS Sports.  

Sepanjang berkiprah di Rio de Janeiro, Phelps berulang kali menegaskan akan pensiun seusai lomba terakhirnya di Olimpiade 2016. Dia bertekad undur diri saat masih di puncak.  

"Saya telah siap untuk sesuatu yang berbeda. Karier renang saya mungkin berakhir, tapi saya punya masa depan panjang di depan untuk membuka lembaran baru dan memulai apapun yang saya inginkan. Ini bukan akhir karier, tapi awal perjalanan baru," beber Phelps.  

Di ajang Olimpiade Rio, Phelps menyabet medali emas di nomor gaya ganti 200 meter individu dan 200 meter gaya kupu, serta hanya meraih perak pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu. Dia juga mendulang emas pada nomor estafet 4 x 100 meter dan 4 x 200 meter gaya bebas, serta estafef 4 x 100 meter gaya ganti. Total, Phelps menyabet lima medali emas dan satu medali perak di Olimpiade Rio.  

Ini merupakan untuk kali kelima Phelps berkiprah di ajang Olimpiade. Jika benar-benar memutuskan pensiun, dia akan mengakhiri kariernya di Olimpiade dengan raihan 28 medali, dengan 23 di antaranya merupakan medali emas. Medali emas pertamanya diraih pada Olimpiade Sydney 2000 saat masih berusia 15 tahun. 

Video Populer

Foto Populer