Sukses


Euro 2020 (Euro 2021): Jalan Terjal Timnas Inggris di Piala Eropa 2020

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris menjadi satu dari enam tim unggulan utama yang akan berlaga di Euro 2020 (Euro 2021) yang digelar pada Juni 2021 mendatang. Dalam turnamen Piala Eropa tersebut, tim berjulukan The Three Lions itu akan menghadapi jalan yang terjal karena lawan yang harus dihadapi di fase grup tidak mudah.

Timnas Inggris melangkah ke Piala Eropa 2020 dengan status juara Grup A kualifikasi Euro 2020. Dari delapan pertandingan yang dijalani, tujuh di antaranya berakhir kemenangan telak. Sementara satu laga lain berakhir dengan kekalahan tipis.

Timnas Inggris tercatat meraih dua kemenangan telak atas Montenegro, yaitu 5-1 di City Stadium, Podogrica, dan 7-0 kala bertanding di Wembley. Selain itu, Inggris juga dua kali menang telak atas Bulgaria, yaitu 4-0 di Wembley dan 6-0 di Sofia.

Kosovo dan Republik Ceska adalah dua tim yang sempat memberikan perlawanan sengit, walau dalam satu laga lainnya, mereka juga harus mengalami kekalahan telak dari tim asuhan Gareth Southgate itu.

Kosovo kalah dari Inggris dengan skor 3-5 di Southampton dan kalah 0-4 di Pristina. Sementara ketika menghadpai Republik Ceska, Inggris menang telak 5-0 di Wembley dan akhirnya kalah 1-2 saat bermain di Praha.

Timnas Inggris pun melangkah ke putaran final Euro 2020 ditemani oleh Republik Ceska, satu-satunya tim yang berhasil mencuri tiga poin dari Inggris dalam fase kualifikasi tersebut.

Satu hal yang menarik, kedua tim yang lolos dari Grup A fase kualifikasi itu justru akhirnya kembali satu grup di putaran final setelah melewati fase drawing di Bucharest, Romania, 30 November 2019 lalu. Pasalnya Timnas Inggris masuk dalam POT 1, sementara Republik Ceska berada di POT 3.

Video

2 dari 3 halaman

Tak Akan Mudah di Fase Grup

Selain kembali berada satu grup dengan Republik Ceska, tim yang sempat merepotkan pada fase kualifikasi, Timnas Inggris juga berada satu grup dengan Kroasia dan Skotlandia di Piala Eropa 2020. Keempat tim bergabung dalam Grup D Euro 2020.

Republik Ceska sudah sedikit dibahas sebelumnya. Namun yang pasti, mereka berhasil melangkah ke putaran final Piala Eropa 2020 berbekal lima kemenangan dari delapan pertandingan, di mana sisanya berakhir dengan kekalahan, termasuk saat menghadapi Inggris.

Satu dari tiga kekalahan Republik Ceska terjadi saat menghadapi Inggris di Wembley. Kala itu The Three Lions menang telak 5-0. Namun, satu dari lima kemenangan Republik Ceska juga terjadi saat menghadapi Inggris, yaitu di Praha. Republik Ceska menang 2-1 atas Inggris pada saat itu.

Artinya, Timnas Inggris sudah cukup tahu bagaimana sulitnya menghadapi Tomas Soucek dkk.

Sementara Kroasia lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 sebagai juara Grup E. Kroasia meraih 5 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 1 kali kalah untuk bisa melangkah ke putaran final.

Kroasia kerap meraih kemenangan dengan skor tipis. Namun, ada dua laga di antaranya yang berakhir dengan kemenangan telak, yaitu 4-0 atas Slowakia dan 3-0 atas Hongaria.

Sementara Skotlandia melangkah ke putaran final dengan perjalanan yang cukup melelahkan. Setelah menjadi tim peringkat ketiga di Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020, Skotlandia harus bermain di jalur C dalam babak play-off.

Skotlandia akhirnya melangkah ke putaran final setelah meraih kemenangan lewat adu penalti, baik saat menghadapi Israel di semifinal maupun menghadapi Serbia di final play-off jalur C. Kendati kesulitan untuk lolos, Skotlandia yang punya sejarah panjang dengan Inggris, bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Inggris di Grup D Euro 2020

Tergabung dalam Grup D Euro 2020, Inggris dan Skotlandia akan sama-sama menjadi tuan rumah. Kedua tim itu akan tampil di stadionnya masing-masing karena untuk pertama kalinya Euro akan digelar di 11 kota penyelenggara yang tersebar di Eropa.

Pada matchday pertama, Timnas Inggris akan lebih dulu menghadapi Kroasia di Wembley pada 13 Juni 2021. Sementara itu, Skotlandia menantang Republik Ceska di Hampden Park pada 14 Juni 2021.

Kemudian Inggris dan Skotlandia akan berhadapan. Pertemuan antara dua tim tuan rumah Grup D ini akan digelar di Wembley, markas Timnas Inggris pada 18 Juni 2021. Markas Skotlandia pun digunakan untuk pertandingan lain antara Kroasia menghadapi Republik Ceska pada hari yang sama.

Sementara pertandingan terakhir fase grup, Skotlandia akan menghadapi Kroasia di Hampden Park pada 22 Juni 2021. Pada saat yang bersamaan, Timnas Inggris juga menghadapi Republik Ceska di Wembley.

Jadwal Grup D Euro 2020

13 Juni 2021

  • Inggris vs Kroasia (Wembley, London)

14 Juni 2021

  • Skotlandia vs Republik Ceska (Hampden Park, Glasgow)

18 Juni 2021

  • Kroasia vs Republik Ceska (Hampden Park, Glasgwo)
  • Inggris vs Skotlandia (Wembley, London)

22 Juni 2021

  • Kroasia vs Skotlandia (Hampden Park, Glasgow)
  • Republik Ceska vs Inggris (Wembley, London

Video Populer

Foto Populer