Sukses


MOTION GRAFIS: Profil Legenda Antonin Panenka, Pelopor Tendangan Penalti Unik yang Mematikan

Bola.com, Jakarta - Piala Eropa 1976 melibatkan empat tim pada putaran final. Cekoslowakia bersama Antonin Panenka secara mengejutkan mampu mencetak sejarah sebagai juara.

Piala Eropa 1976 digelar di Yugoslavia saat masih berdaulat. Ketika itu, turnamen elite tersebut hanya diikuti Yugoslavia, Cekoslowakia, Belanda, dan Jerman Barat.

Pada pertandingan pertama, Ceko harus susah payah mengalahkan Belanda dengan skor 3-1. Ketika itu, kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal, namun Ceko berhasil mencetak dua gol tambahan pada extra time.

Pertandingan yang tak kalah seru juga terjadi saat Yugoslavia berjumpa Jerman Barat, juara bertahan Piala Eropa. Kedua tim harus bermain imbang 2-2 pada waktu normal. Namun, Jerman Barat memastikan tiket ke final setelah menambah dua gol pada extra time.

Dalam partai puncak, Cekoslowakia akhirnya berjumpa Jerman Barat. Pertandingan digelar di Red Star Stadium pada 20 Juni 1976.

Ceko ketika itu mencetak dua gol lebih dulu melalui Jan Svehlik (8') dan Karos Dobias (25'). Namun, Jerman Barat sukses mencetak gol penyeimbang melalui Dieter Muller (28') dan Bernd Holzenbein (89'). Laga kemudian diteruskan ke extra time.

Dalam 2x15 menit itu kedua tim mampu mempertahankan kedudukan, sehingga duel dilanjutkan ke babak adu tendangan penalti. Ceko akhirnya angkat trofi Piala Eropa 1976 setelah menang dengan skor 5-3.

Berkat keberhasilan itu, Antonin Paneka dianugerahi Golden Foot Legends Awards pada 2014. Trofi tersebut melengkapi torehan Czechoslovak Footballer of the Year yang diraihnya pada 1980.

Video Populer

Foto Populer