Sukses


2 Pemain Berdarah Indonesia Berpeluang Bela Timnas Belanda di Euro 2020

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer, mengumumkan skuad sementara di Euro 2020. De Boer memanggil 34 pemain yang nantinya dikerucutkan menjadi 26 nama untuk berlaga di pesta sepak bola antarnegara Eropa tersebut.

Dari 34 pemain yang masuk tahap awal, terdapat dua pesepak bola berdarah Indonesia. Kedua pemain tersebut adalah Kenny Tete dan Joel Veltman.

Tete diketahui memiliki darah Indonesia dari sang ibu, Natascha Simon, yang berasal dari Nias. Sementara itu ayahnya, Miguel Tete, merupakan seorang imigran asal Mozambik.

"Ibu saya orang Indonesia. Bisa bicara bahasa Indonesia dengan lancar," jelas Kenny Tete kepada Sepakbolanda.

"Kami sekeluarga sering ke Indonesia. Kami pernah menghadiri pernikahan saudara di Indonesia. Nenek saya bolak balik Belanda Indonesia," lanjutnya.

 

Saksikan VIdeo Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Kenny Tete

Tete sudah menyukai sepak bola sejak belia. Berbekal bakat mengolah bola yang di atas rata-rata, dia sudah bergabung dengan tim muda Ajax Amsterdam sejak berusia 10 tahun.

Setelah sempat membela tim junior Ajax, Jong Ajax, Kenny Tete dipercaya membela tim senior pada musim 2014/2015. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu tampil dalam 55 pertandingan dan mencetak satu gol buat Ajax.

Pada musim panas 2017, dia memutuskan hengkang ke Olympique Lyon. Dia membela Lyon dari 2017 sampai 2020 dengan menorehkan 80 penampilan dan mencetak satu gol.

Memasuki musim 2020/2021, Kenny Tete menerima pinangan dari Fulham dan sepakat menandatangani kontrak berdurasi empat musim. Bersama Fulham, pemain berusia 25 tahun itu mencatatkan 18 pertandingan di seluruh ajang pada musim ini.

Selain di level klub, Kenny Tete juga menjadi satu di antara andalan Timnas Belanda di lini pertahanan. Membela Belanda sejak 2015, Tete telah mencatatkan 14 caps di seluruh ajang. Dia pun diprediksi bakal memperkuat Tim Oranje di Euro 2020.

 

3 dari 4 halaman

Joel Veltman Miliki Darah Indonesia

Bek Brighton and Hove Albion tersebut pernah menjalani tes DNA untuk mengetahui asal usul leluhurnya pada 2019 lalu. Tes tersebut dilakukan oleh perusahaan genetik asal Israel, MyHeritage.

Hasilnya, Joel Veltman memiliki DNA yang berasal dari Indonesia. Berdasarkan hasil penulusuran yang dilakukan MyHeritage, kekek Veltman, Lammert Bracht, ternyata pernah bertugas sebagai tentara di Indonesia pada 1935.

Bracht sempat kembali ke Belanda dan kembali ke Indonesia yang kala itu masih bernama Hindia Belanda. Selain sang kakek, Joel Veltman juga memiliki nenek buyut yang lahir di Indonesia, yakni Jacoba van der Kamp.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Joel Veltman

Sama seperti Kenny Tete, Joel Veltman juga pemain jebolan akademi sepak bola Ajax Amsterdam. Veltman memperkuat Jong Ajax dari 2001 sampai 2012. Dia pun akhirnya memperkuat Ajax dari 2012 sampai 2020.

Selama sembilan musim berseragam Ajax Amsterdam, Joel Veltman tampil dalam 246 pertandingan dan mendulang 10 gol. Dia juga turut membantu Ajax meraih enam titel juara, termasuk tiga trofi Eredivisie Belanda.

Terhitung sejak Juli 2020, Joel Veltman hengkang ke Inggris dan memperkuat Brighton and Hove Albion. Pada musim ini, Veltman tampil bersama Brighton dalam 34 pertandingan dan mencetak satu gol.

Tak hanya di level klub, Joel Veltman juga menjadi sosok penting di lini belakang Timnas Belanda. Mulai memperkuat Tim Oranje sejak 2013, Veltman telah mencatatkan 27 caps dan mencetak dua gol.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer