Sukses


Jelang Laga Perdana Euro 2020: Ini Skuad Timnas Italia Saat Terakhir Kali Menjuarai Piala Eropa

Bola.com, Jakarta - Timnas Italia sudah cukup lama tak merengkuh trofi juara di Piala Eropa. Oleh karena itu, Gli Azzurri bertekad untuk menjadi kampiun di Euro 2020.

Di Piala Eropa edisi kali ini, Italia tergabung di Grup A bersama Turki, Wales, dan juga Swiss. Pada pertandingan pertama fase grup, Gli Azzurri akan bersua Turki di Stadio Olimpico, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Melakoni duel tersebut, Timnas Italia berambisi memetik kemenangan. Hasil positif akan menjadi modal berharga buat Italia untuk menuju tangga juara Euro 2020.

Apalagi, Timnas Italia sudah cukup lama tidak merasakan titel juara. Terakhir kali Gli Azzurri merengkuh Henri Delaunay Trophy adalah pada edisi 1968 ketika berstatus sebagai tuan rumah.

Saat itu, Piala Eropa hanya diikuti oleh empat tim. Selain Timnas Italia, negara lain yang ikut berpartisipasi adalah Uni Soviet, Yugoslavia, dan Inggris.

Gli Azzurri benar-benar dinaungi dewi fortuna kala itu. Bagaimana tidak, mereka berhasil mengalahkan Uni Soviet lewat tos koin pada semifinal.

Awalnya, kedua tim bermain imbang 0-0 kontra Uni Soviet selama 90 menit plus 30 menit waktu tambahan. Namun ketika itu, sistem adu penalti masih belum dikenal, dan penentuan pemenang dilakukan lewat tos koin.

Kapten Timnas Italia, Giacinto Facchetti, memilih sisi koin yang tepat. Akhirnya, Italia berhasil mengalahkan Uni Soviet dan berhak lolos ke final Piala Eropa 1968.

 

2 dari 4 halaman

Kerja Keras Kalahkan Yugoslavia

Pada partai puncak yang dihelat di Stadio Olimpico, 8 Juni 1968, Timnas Italia dibuat kerepotan oleh Yugoslavia. Mereka sempat tertinggal lebih dulu setelah Dragan Dzajic mencetak gol pada menit ke-39.

Namun, Gli Azzurri berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Angelo Domenghini pada menit ke-80. Skor imbang membuat pertandingan berjalan sengit.

Kendati begitu, Timnas Italia mampu bertahan dengan baik dan membuat skor 1-1 tetap tidak berubah hingga laga berjalan 120 menit.

Tidak ada pemenang membuat kedua tim harus menjalani partai replay dua hari berselang. Timnas Italia akhirnya berhasil membungkam Yugoslavia dengan skor 2-0.

Sepasang gol kemenangan Gli Azzurri dicetak Luigi Riva pada menit ke-12 dan Pietro Anastasi menit ke-31. Italia pun sukses mengangkat trofi perdana di Piala Eropa.

Lantas, siapa-siapa saja pemain Timnas Italia ketika menjuarai Euro 1968? Berikut ini adalah perinciannya.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Italia pada Piala Eropa 1968

Kiper: Enrico Albertosi, Lido Vieri, Dino Zoff

Bek: Angelo Anquilletti, Giancarlo Bercellino, Tarcisio Burgnich, Ernesto Castano, Giacinto Facchetti, Roberto Rosato, Sandro Salvadore.

Gelandang: Giancarlo De Sisti, Giorgio Ferrini, Aristide Guarneri, Antonio Juliano, Giovanni Lodetti, Gianni Rivera.

Penyerang: Pietro Anastasi, Giacomo Bulgarelli, Angelo Domenghini, Sandro Mazzola, Pierino Prati, Luigi Riva.

Sumber: Berbagai sumber

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Gol Tunggal Raheem Sterling Bawa Inggris Kalahkan Kroasia

Video Populer

Foto Populer