Sukses


Selain Christian Eriksen, 4 Pesepak Bola Ini Juga Pernah Semaput di Lapangan

Bola.com, Jakarta - Momen mengkhawatirkan terjadi pada laga pertama Grup B Euro 2020 antara Denmark versus Finlandia di Parksen Stadium, Sabtu (12/6/2021) malam WIB. Gelandang Denmark, Christian Eriksen, tiba-tiba kolaps di tengah pertandingan.

Eriksen jatuh pingsan dengan posisi tertelungkup di pinggir sisi kiri lapangan. Ketika itu, pertandingan telah berjalan 43 menit dan skor masih sama kuat 0-0.

Melihat kondisi Eriksen yang semaput, pemain Denmark langsung menghampiri dan memberikan pertolongan pertama. Kapten Timnas Denmark, Simon Kjaer, menjadi orang yang paling intens memberikan bantuan.

Kjaer membuka mulut Christian Eriksen agar tak tertelan lidahnya sendiri serta melakukan CPR (resusitasi jantung dan paru). Kjaer juga meminta rekan setimnya untuk membentuk pagar, demi menutup Eriksen dari sorot kamera, karena tengah mendapat perawatan medis.

Setelah cukup lama mendapat penanganan medis di lapangan, Christian Eriksen akhirnya sadarkan diri. Mantan pemain Tottenham Hotspur itu pun kemudian di bawa ke rumah sakit untuk dirawat secara intensif.

Kini, kondisi Christian Eriksen dikabarkan semakin membaik. Dia pun sudah melakukan komunikasi dengan rekan setimnya di Timnas Denmark.

Akibat insiden tersebut, pertandingan sempat terhenti selama beberapa menit. Ketika kembali dilanjutkan, Timnas Denmark takluk 0-1 dari Finlandia. Gol tunggal kemenangan Finlandia dicetak Joel Pohjanpalo pada menit ke-60.

Selain Christian Eriksen, sejumlah pesepak bola juga pernah pingsan ketika sedang bertanding. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah ulasannya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 5 halaman

Diego Lopez

Mantan kiper Real Madrid itu pingsan saat masih berseragam Espanyol. Ketika itu, Espanyol menghadapi Levante dalam lanjutan La Liga pada 4 Maret 2018.

Diego Lopez tak sadarkan diri setelah berbenturan dengan striker Levante, Armando Sadiku pada menit ke-39. Sempat mendapatkan perawatan medis selama lima menit, Lopez akhirnya dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan intensif.

Beruntung, kondisi Diego Lopez semakin membaik dan bisa kembali bertanding beberapa pekan kemudian.

 

3 dari 5 halaman

Hilton Moreira

Pemain asal Brasil itu pernah nyaris meregang nyawa saat masih berseragam Persipura Jayapura. Kejadian itu terjadi ketika Persipura bersua PSM Makassar di Stadion Mandala, Jayapura pada 4 Juni 2018.

Ketika itu, Hilton Moreira mengalami benturan dengan kiper PSM, Rivky Mokodompit pada menit-menit akhir babak pertama. Duel tersebut membuat Hilton tak sadarkan diri karena mengalami lidah tertelan (tongue swallowing).

Melihat kejadian itu, Rivky Mokodompit langsung berteriak meminta pertolongan. Bek PSM, Abdul Rahman Sulaeman, berada di dekat lokasi dan mengambil inisiatif untuk membuka mulut Hilton dan menarik lidahnya keluar.

Nyawa Hilton berhasil diselamatkan dan sang pemain pun masih bisa melanjutkan pertandingan.

4 dari 5 halaman

Daley Blid

Mantan pemain Manchester United, Daley Blind, kolaps ketika bertanding pada laga pramusim antara Ajax Amsterdam vs Herta Berlin di Stadion Johan Cruijff Arena, 26 Agustus 2020.

Daley Blind dimainkan sejak menit awal oleh pelatih Ajax, Erik ten Hag. Setelah tampil cukup intens, Blind tumbang pada menit ke-79. Dia kolaps di atas lapangan dan kondisi itu sempat membuat rekan-tekannya khawatir.

Ten Haag kemudian menarik keluar sang pemain. Belakangan diketahui jika Daley Blind mengalami masalah pada jantungnya.

"Dia langsung digantikan dan sekarang kondisinya baik-baik saja, dia merasa cukup baik. Kami akan melakukan pemantauan lebih lanjut," ucap Ten Hag saat itu.

 

5 dari 5 halaman

Cheick Tiote

Gelandang asal Pantai Gading, Cheick Tiote, mengembuskan napas terakhir pada sesi latihan klubnya, Beijing Enterprises pada 5 Juni 2017. Tiote menutup usia pada umur 30 tahun.

Tiote mendadak kolaps di lapangan saat berlatih dengan rekan-rekan setimnya pada Senin (5/6/2016) sore waktu setempat. Meski sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawa mantan pemain Newcastle United itu akhirnya tidak tertolong.

"Dalam sesi latihan rutin pada pukul enam sore, pemain Pantai Gading, Cheick Tiote, tiba-tiba pingsan dan klub langsung membawanya ke rumah sakit," bunyi pernyataan resmi Beijing Enterprises.

"Sayangnya, upaya untuk menyelamatkan dia gagal. Kami telah menginformasikan keluarganya. Beijing Enterprises mengekspresikan kesedihan dan bela sungkawa mendalam atas meninggalnya Tiote yang begitu cepat," lanjut pernyataan tersebut.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer