Sukses


Kumpulan Data dan Fakta Menarik Setelah Timnas Inggris Tembus 16 Besar Euro 2020

Bola.com, London - Timnas Inggris memetik kemenangan saat bersua Republik Ceska pada laga terakhir Grup D Euro 2020, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB. Berkat hasil tersebut, The Three Lions lolos ke-16 besar dengan status juara grup.

Menjalani pertandingan di Stadion Wembley, Timnas Inggris tampil menekan sejak bola digulirkan. Skuad asuhan Gareth Southgate itu mencatatkan 57 persen penguasaan bola, berbanding 43 persen milik Republik Ceska.

Selain itu, Inggris melepaskan lima tembakan yang dua di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Ceska hanya memperoleh satu peluang bagus dari lima kesempatan.

Kendati bermain dominan, Timnas Inggris hanya mampu meraih kemenangan 1-0 atas Republik Ceska. Gol tunggal Tim Tiga Singa dicetak Raheem Sterling pada menit ke-12.

Hasil positif tersebut membuat Timnas Inggris lolos ke-16 besar Euro 2020 dengan status juara Grup D. Mereka berhasil mendulang tujuh poin, unggul tiga angka atas Kroasia dan Ceska di tempat kedua serta ketiga.

Pada fase knock-out Euro 2020, Timnas Inggris akan menghadapi runner-up Grup F di Stadion Wembley, 29 Juni mendatang. Lawan berat telah menanti Inggris, yakni antara Prancis, Jerman, ataupun Portugal.

Berikut ini adalah sejumlah data dan fakta menarik setelah Timnas Inggris berhasil melenggang ke-16 besar Euro 2020.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Data dan Fakta

1. Timnas Inggris berhasil meraih empat kemenangan dari lima laga terakhir dengan skor 1-0. Inggris juga menorehkan clean sheet dalam lima pertandingan tersebut.

2. Timnas Inggris untuk ketiga kalinya lolos ke fase knock-out putaran final Euro dengan status juara grup. Selain Euro 2020, hal serupa pernah dilakukan Inggris pada 1996 dan 2012.

3. Raheem Sterling telah mencetak 14 gol dari 19 penampilan terakhirnya bersama Timnas Inggris.

4. Tim Tiga Singa selalu meraih kemenangan dalam 12 pertandingan ketika Raheem Sterling mencetak gol, termasuk laga pertama Grup D kontra Kroasia.

 

3 dari 3 halaman

Data dan Fakta

5. Raheem Srerling adalah pemain Inggris pertama yang mencetak lebih dari satu gol pada putaran final Euro, setelah terakhir kali ditorehkan Wayne Rooney dan Frank Lampard pada 2004.

6. Gareth Southgate telah memimpin Timnas Inggris dalam 57 pertandingan sebagai pelatih. Itu adalah jumlah yang sama ditorehkan Southgate ketika berseragam Timnas Inggris. Dia merupakan satu-satunya pesepak bola yang mencatatkan 50 caps lebih, baik itu sebagai pemain dan pelatih Timnas Inggris.

7. Bukayo Saka menjadi pemain termuda kedua milik Arsenal yang menjadi starter bersama Timnas Inggris (19 tahun dan 290 hari). Saka masih kalah dari Alex Oxlade-Chamberlain (18 tahun dan 301 hari) saat menjadi starter pada pertandingan melawan Prancis di Euro 2012.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer