Sukses


Hadapi Timnas Jerman di 16 Besar Euro 2020, Timnas Inggris Bisa Gunakan Formasi Tiga Bek

Bola.com, Jakarta - Timnas Jerman bukanlah tim yang bisa dengan mudahnya Timnas Inggris kalahkan di babak 16 besar Euro 2020 nanti. Sehingga, ada kemungkinanĀ Gareth SouthgateĀ selaku pelatih melakukan pergantian agar the Three Lions bisa meraih kemenangan.

Southgate sendiri terlihat tidak berpatok pada satu pakem saja dalam tiga pertandingan di fase grup. Ia telah mengoperasikan dua formasi sejauh ini: 4-3-3 dalam dua pertandingan pertama dan 4-2-3-1 di laga terakhir melawan Republik Ceko.

Meski sudah diutak-atik, performa Timnas Inggris tidak bisa dikatakan gemilang. Mereka hanya mencetak dua gol saja dari ketiga laga tersebut, membuatnya jadi peserta 16 besar Euro 2020 dengan jumlah gol tersedikit di pentas ini.

Namun sisi positifnya, Inggris tidak pernah kebobolan dalam ketiga pertandingan tersebut. Artinya lini pertahanan mereka terbukti kuat dan seharusnya mampu membendung siapapun yang dihadapi.

Namun Jerman berbeda dengan tim kebanyakan. Walaupun hampir gagal melaju ke babak 16 besar, pasukan Joachim Loew tetap tidak boleh dipandang sebelah mata. Mereka mampu mendemonstrasikan kekuatan serangannya di tiga laga.

Enam gol dari tiga pertandingan sudah menjadi bukti sahih betapa berbahayanya serangan Die Panzer. Sepertinya, mereka harus kembali merombak formasi terutama format empat bek yang kerap digunakan selama ini.

"Saya takkan terkejut apabila di laga berikutnya melawan Jerman, cara mereka bermain dengan [Kai] Havertz, [Thomas] Muller, dan [Serge] Gnabry - saya takkan terkejut jika Inggris bermain dengan tiga bek: [John] Stones], [Harry] Maguire dan [Tyrone] Mings," kata pelatih AS Roma, Jose Mourinho.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Inggris Punya Bek Bagus

Perlu diketahui bahwa Southgate belum pernah memainkan ketiga bek tersebut secara bersamaan. Maguire absen dalam dua pertandingan pertama dan baru tampil ketika melawan Republik Ceko. Saat Maguire absen, Inggris mengandalkan Stones dan Mings di jantung pertahanan.

Mourinho merasa akan mubazir jikalau tidak memainkan ketiganya sekaligus dalam satu pertandingan, utamanya ketika bersua tim seperti Timnas Jerman. Toh, performa pemain bertahan Timnas Inggris sejauh ini di ajang Euro 2020 tidak mengecewakan.

"Saya selalu bilang, saat anda punya opsi 26 pemain, anda harus mengambil resiko, berjudi dan membawa pemain yang cedera jika dia pantas. Maguire adalah salah satunya. Dia percaya diri, stabil, cerdas," lanjut Mourinho.

"Dia bisa membaca permainan dan punya kerja sama yang apik bersama Stones. Mings tampil fantastis, anda bisa merasa dia senang bisa masuk dalam 10 atau 15 menit terakhir, dia adalah pemain yang mementingkan tim," pungkasnya.

Ā 

Sumber asli: talkSPORT

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 25/06/2021)

Video Populer

Foto Populer