Sukses


Kiprah Alvaro Morata di Euro 2020: Dicibir Dulu, Jawab Kritikan dengan Gol

Bola.com, Kopenhagen - Alvaro Morata jadi sasaran cibiran sepanjang tampil untuk Timnas Spanyol di Euro 2020. Namun, Morata menjawabnya dengan gol penting yang membantu Spanyol lolos ke perempat final Euro 2020, Senin (28/6/2021). 

Spanyol melenggang ke perempat final setelah mengalahkan Timnas Kroasia 5-3 melalui perpanjangan waktu. Pertandingan berlanjut ke perpanjangan karena hingga 90 menit skor tetap imbang 3-3. 

Di situlah Alvaro Morata memberi bukti. Morata mencetak gol brilian pada menit ke-100, untuk membawa Spanyol unggul 4-3 setelah La Roja membuang keunggulan dua gol dalam tujuh menit terakhir waktu normal.

Morata menenangkan saraf Spanyol. Ia menahan umpan silang Dani Olmo dengan kaki kanannya sebelum melepaskan tembakan dengan kaki kiri yang nyaris tidak bisa dilihat oleh kiper, Kroasia Dominik Livakovic. 

Mikel Oyarzabal memastikan kemenangan yang pantas untuk Spanyol tiga menit kemudian. Tetapi Morata-lah yang dipilih oleh pelatih Luis Enrique untuk mendapat pujian setelah pertandingan.

"Saya sudah mengatakan ini kepada Anda selama berbulan-bulan, kami tidak bergantung pada satu pemain untuk mencetak gol," kata Luis Enrique kepada wartawan setelah pertandingan, seperti dikutip AFP

“Saya tidak berpikir ada pelatih di dunia yang tidak akan mengagumi atau memuji pemain seperti Alvaro Morata," sambung Enrique. 

Morata mengacungkan tinjunya ke arah penggemar Spanyol yang berkumpul di sudut selatan Stadion Parken, disambut dengan tepuk tangan meriah. Pemandangan itu sangat kontras dengan pelecehan yang dia terima setelah La Roja bermain imbang 1-1 dengan Polandia. 

Luis Enrique mengatakan polisi harus menyelidiki pelecehan tersebut. Sang pelatih pun kini memuji kualitas penyerang tengah itu.

“Dia mampu memberi Anda keunggulan, dia bisa bertahan seolah-olah dia adalah bek tengah. Dia mendominasi di udara, dia mencetak gol dan kuat secara fisik,” katanya.

“Kami harus bersyukur bahwa dia orang Spanyol dan kami memiliki Alvaro Morata di tim kami.”

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Selalu Dipercaya Luis Enrique

Ya, Luis Enrique selama ini selalu memercayai Morata. Pemain Juventus itu selalu menjadi dipasang sebagai starter di Euro 2020, sejak laga pertama. 

Namun, dia tampil di bawah harapan pada laga pertama melawan Swedia. Tampilannya buruk. Setelah itu. Morata mencetak gol ke gawang Polandia pada laga kedua. 

Nama Morata kembali jadi sorotan karena gagal mengeksekusi penalti dengan mulus saat melawan Slovakia, meskipun Spanyol menang besar lima gol tanpa balas. 

Bahkan, kritikan mengalir deras untuk Morata saat perempat final kontra Kroasia. Dia tak bisa berbuah banyak, terutama pada babak pertama. 

Namun, keyakinan Luis Enrique tetap mempertahankan Morata saat perpanjangan waktu berbuah manis. Dia akhirnya mencetak gol penting yang memastikan Spanyol melenggang ke perempat final. 

Sumber: AFP

Video Populer

Foto Populer