Sukses


Statistik Swiss dan Spanyol Jelang Perempat Final Euro 2020: La Furia Roja Dominan, tapi Pernah Kalah

Bola.com, Jakarta - Perempat final Euro 2020 diwarnai pertemuan antara Swiss dan Spanyol yang akan digelar di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Jumat (2/7/2021) malam. Duel ini tidak akan mudah bagi kedua tim yang mengharapkan satu tiket di semifinal Piala Eropa kali ini.

Dalam dua pertemuan terakhir kedua tim, tepatnya di UEFA Nations League pada 2020, Spanyol mencatatkan satu kemenangan dan satu hasil imbang. Mikel Oyarzabal menjadi pencetak gol tunggal dalam laga yang digelar pada Oktober 2020, sementara Gerard Moreno jadi pencetak gol Spanyol saat menyamakan kedudukan setelah Swiss unggul lebih dulu oleh Remu Freluer pada November 2020.

Dalam duel yang berlangsung imbang 1-1 tersebut, kiper Swiss, Yan Sommer, mampu menepis dua eksekusi penalti Sergio Ramos. Hal yang sama seperti yang dilakukannya ketika Swiss menyingkirkan Prancis di 16 besar Euro 2020, di mana eksekusi Kylian Mbappe mampu ditepis dengan baik oleh Sommer.

Namun, Swiss bukan tanpa kemenangan ketika menghadapi Spanyol. Dalam pertemuan terakhir di sebuah turnamen besar, tepatnya di babak grup Piala Dunia 2010, Swiss mampu menang 1-0 atas La Furia Roja yang akhirnya keluar sebagai juara. Kemenangan itu menjadi satu-satunya yang diraih Swiss dalam 22 pertemuan dengan Spanyol.

Tentu menarik melihat duel kedua tim di Saint Petersburg. Siapa yang mampu mendapatkan tiket semifinal Euro 2020 dan berhadapan dengan pemenang antara Belgia kontra Italia yang digelar beberapa saat kemudian.

Berikut statistik kedua tim yang akan berhadapan di perempat final Euro 2020 ini:

 

Video

2 dari 3 halaman

Statistik Swiss

Swiss berhasil melangkah ke fase knockout Euro 2020 sebagai tim peringkat ketiga di Grup A yang masuk dalam empat tim peringkat ketiga terbaik.

Perjalanan Swiss di Euro 2020 cukup menarik, di awali dengan hasil imbang 1-1 dengan Wales, kalah telak 0-3 dari Italia, dan menang 3-1 atas Turki. Swiss pun berhasil melangkah ke perempat final setelah menang atas Prancis melalui drama adu penalti.

Swiss sempat unggul lewat gol Haris Seferovic hingga akhirnya tertinggal 1-3. Namun, Seferovic mampu mencetak gol keduanya, plus gol Mario Gavranovic pada menit akhir pertandingan membuat laga dilanjutkan ke extra time dan adu penalti.

Kecemerlangan Yan Sommer menghalau eksekusi Kylian Mbappe menjadi momentum keberhasilan Swiss melangkah ke perempat final.

Ini menjadi perempat final pertama Swiss dalam sejarah Euro. Pencapaian terbaik mereka sebelumnya adalah melangkah hingga 16 besar di Euro 2016.

Dalam 18 laga terakhirnya di Euro, termasuk kualifikasi, Swiss hanya kalah 2 kali. Mereka meraih 9 kemenangan dan 7 hasil imbang.

Catatan Swiss dalam sepanjang putaran final Euro adalah 3 kemenangan, 7 hasil imbang, dan 7 kali kalah. Swiss menang 7 kali dan hanya 1 kali kalah dalam 10 laga terakhirnya di pentas internasional.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Spanyol

Spanyol melangkah ke fase knockout Euro 2020 sebagai runner-up Grup E, di belakang Swedia. Spanyol lolos dengan torehan lima poin dari tiga laga yang mereka mainkan.

Spanyol mengawali dua laga pertama Euro 2020 dengan kurang meyakinkan. La Furia Roja ditahan imbang tanpa gol oleh Swedia, bermain imbang 1-1 dengan Polandia, dan baru memenangi pertandingan terakhir fase grup dengan kemenangan telak 5-0 atas Slovakia.

Hasil tersebut membuat Spanyol mencetak enam gol selama fase grup, empat gol di antaranya dicetak oleh Alvaro Morata, Aymeric Laporte, Ferran Torres, dan Pablo Sarabia. Sementara dua gol lain didapatkan lewat gol bunuh diri dua pemain Slovakia.

Pada babak 16 besar Spanyol mengalahkan Kroasia lewat extra time dengan skor 5-3. Spanyol mengalahkan runner-up Piala Dunia 2018 itu lewat gol Pablo Sarabia, Cesar Azpilicueta, Ferran Torres, Alvaro Morata, dan Mikel Oyarzabal.

Spanyol tidak terkalahkan dalam 11 laga terakhirnya, 5 pertandingan di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Namun, Spanyol hanya berhasil mencatatkan 4 clean sheet dalam 12 laga terakhirnya di semua ajang internasional.

Spanyol berhasil meraih 16 kemenangan dan hanya 1 kali kalah dalam 27 pertandingan terakhirnya.

Sumber: UEFA

Disadur dari: Bola.com (Gia Yuda Pradana, published 1/7/2021)

 

Video Populer

Foto Populer