Sukses


Euro 2020: Spanyol Vs Italia, Nih Catat Tim Jagoan Rahmad Darmawan

Bola.com, Bangkalan - Pelatih Madura United, Rachmad Darmawan, mengikuti perkembangan Euro 2020 yang telah mencapai semifinal. Bahkan dia sudah memiliki jagoan untuk pertandingan Italia vs Spanyol yang bakal berlangsung di Stadion Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari nanti.

Karakter kuat Italia sejak awal Euro 2020 membuat pelatih asal Lampung ini terpesona. Bagaimana tidak, Gli Azzurri melaju kencang sejak babak grup dan menyingkirkan Belgia yang merupakan peringkat satu dunia versi FIFA.

"Mereka mengembangkan sepak bola yang enggak jauh beda dengan negara-negara lain. Penguasaan bola menjadi satu acuan buat Italia," jelas pria yang akrab disapa RD tersebut, Selasa (5/7/2021). 

Pelatih berusia 54 tahun tersebut mengakui transformasi di Liga Italia juga menjadi kunci kesuksesan Italia saat ini. Walaupun terkenal dengan pertahanan gerendel, mereka berhasil memodifikasinya dengan baik menjadi ciri khas permainan Marco Verratti dkk.

"Italia bertransformasi dengan sepak bola yang lebih vertikal. Kuantitas passing di setiap pertandingan begitu bagus. Menurut saya, ini yang juga mendasari kenapa Italia bisa sukses sejauh ini di Euro 2020," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Tak Mudah Taklukkan Spanyol

Sementara Spanyol melaju ke semifinal dengan kondisi compang-camping. Setelah bermain imbang di dua laga awal kontra Swedia dan Polandia, La Furia Roja baru bisa melangkah ke 16 besar berkat kemenangan telak 5-0 kontra Slovakia di laga pamungkas grup.

Kroasia yang jadi lawan selanjutnya berhasil memaksa mereka bermain hingga 120 menit. Pun demikian dengan Swiss yang memaksa mereka menuntaskan permainan lewat babak adu penalti.

Meski Italia sedikit diunggulkan, RD tak mau menyepelekan kekuatan Spanyol. Potensi kekuatan anak asuh Luis Enrique tersebut belum sepenuhnya terlihat dari lima laga yang telah dijalani.

"Ini laga yang tak mudah menurut saya. Spanyol tim yang sangat punya pengalaman dia mampu memainkan ritme permainan yang menyesuaikan lawan mereka. Sangat berbahaya," papar RD.

"Tidak hanya saat build-up tetapi juga counter attack mereka kuat sekali karena fungsi fullback seperti (Jordi) Alba berfungsi sekali. Dia bek modern yang bisa berperan dari flank atau dari dalam. Saya rasa akan ramai nanti Italia versus Spanyol," tandasnya. 

Video Populer

Foto Populer