VIDEO: Timnas Italia Lolos ke Final Euro 2020 usai Singkirkan Spanyol Lewat Adu Pinalti

VIDEO: Timnas Italia Lolos ke Final Euro 2020 usai Singkirkan Spanyol Lewat Adu Pinalti

Timnas Italia berhak lolos ke final Euro 2020 usai menyingkirkan Spanyol lewat babak adu penalti dengan skor 1-1 (4-2) dalam partai semifinal yang dihelat di Wembley, London, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Spanyol langsung dapat mendominasi pertandingan sejak awal laga. Tim asuhan Luis Enrique ini berhasil menguasai penguasaan bola dari Italia. Namun penyelesain akhir dari Spanyol masih menjadi masalah untuk bisa mencetak gol pertama pada pertandigan ini.

Peluang emas pertama justru didapat oleh Italia pada menit ke-21. Kesalahan kiper Spanyol Unai Simon yang sudah salah posisi tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh lini serang Italia.

Spanyol baru mendapatkan peluang pada menit ke-25. Namun, percobaan tendangan Dani Olmo masih bisa diselamatkan dengan baik oleh Gianluigi Donnarumma.

Hingga akhir babak pertama pengusaan bola dikendalikan oleh Spanyol namun pertahanan Italia masih terlalu tangguh untuk bisa dibobol oleh para pemain Spanyol Kedudukan babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Pada awal babak kedua, Spanyol masih menguasai jalannya pertandingan. Peluang pertama didapat Spanyol melalui kaki Sergio Busquets. Sayang tendangannya masih melambung tinggi di gawang Gianluigi Donnarumma.

Italia mencoba keluar dari tekanan Spanyol. Federico Chiesa mendapatkan kesempatan tendangan dari dalam kotak pinalti Spanyol, namun Unai Simon masih sigap untuk bisa menangkap bola tersebut.

Gol baru tercipta pada pertandingan ini pada menit ke-60. Bermula dari serangan balik cepat, Italia berhasil mencetak gol lewat penyerang Juventus, Federico Chiesa. Pemain berusia 23 tahun itu tendangan melengkung ke pojok gawang tidak dapat diselamatkan Unai Simon.

Menit ke-79 pemain pengganti Domenico Berardi berasil melakukan tendangan dari dalam kotak pinalti Spanyol. Kali ini Unai Simon tidak mau kecolongan lagi dengan berhasil menangpa bola tendangan melengkung dari Domenico Berardi.

Alvaro Morata akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-80. Kerjasama apiknya dengan Dani Olmo, mammu memperdaya barisan pertahanan Italia yang sejak awal pertandingan susah sekali untuk ditembus.

Di sisa akhir pertandingan babak kedua skor imbang 1-1 bertahan hingga wasit meniup pluit panjang. Pertandingan pun akhirnya dilanjutkan ke babak tambahan.

Kendati jual beli serangan terjadi dan sejumlah peluang tercipta, kedua tim gagal mencetak gol hingga laga tambahan waktu 2x15 menit berakhir. Alhasil, laga dituntaskan lewat adu tendangan penalti.

Pada babak tendangan pinalti, pemain Spanyol, Dani Olmo dan Alvaro Morata gagal mengeksekusi tendangan pinalti. Sementara di kubu Itali hanya Manuel Locatelli yang gagal.

Dengan kemenangan atas Spanyol membuat Timnas Italia lolos ke babak final Euro 2020. Di babak final pasukan Roberto Mancini menunggu pemenang di laga lainnya antara Inggris dan Denmark.

Ringkasan

Oleh Abdul Aziz pada 07 July 2021, 05:23 WIB

Video Terkait

Spotlights