Sukses


Makna Tangisan Roberto Mancini usai Membantu Timnas Italia Juara Euro 2020

Bola.com, London - Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, tak mampu menahan air mata setelah timnya menjuarai Euro 2020. Mancini mengaku terharu dan bangga dengan penampilan anak asuhnya yang sangat luar biasa sepanjang laga.

Timnas Italia menjuarai Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris dengan skor 3-2 melalui adu penalti. Sebelumnya, kedua tim bermain 1-1 selama 120 menit.

Timnas Italia awalnya kebobolan gol cepat Inggris yang dicetak Luke Shaw pada menit kedua. Namun, setelah itu Timnas Italia tampil mendominasi laga dan sukses mencetak gol penyeimbang melalui Leonardo Bonucci (67').

"Para pemain melakukannya dengan baik. Kami langsung kebobolan gol dan kesulitan, akan tetapi kemudian mendominasi pertadingan sejak saat itu," kata Mancini kepada RAI Sport sembari menangis.

Saat adu penalti, tiga dari lima eksekutor Timnas Italia berhasil melakukan tugasnya yakni Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernadeschi. Adapun Andrea Belotti dan Jorginho gagal.

Sementara itu, dua dari lima eksekutor Timnas Inggris yang sukses melakukan tugasnya adalah Harry Kane dan Harry Maguire. Adapun Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal mencetak gol. Timnas Italia layak menjadi juara Euro 2020 dengan kemenangan 3-2.

"Para pemain luar biasa. Saya tidak tahu harus berkata apa lagi. Gelar ini penting untuk semua orang dan semua penggemar," tegas Mancini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Penantian Panjang

Timnas Italia harus menunggu 53 tahun untuk kembali menjuarai Euro. Selain itu, Timnas Italia juga harus menerima dua kekalahan di final yakni pada edisi 2000 dan 2012.

Secara keseluruhan, Timnas Italia sudah mengoleksi enam gelar turnamen elite dunia. Rinciannya adalah empat gelar Piala Dunia dan dua gelar Euro.

Timnas Italia hanya kalah satu trofi dari Timnas Jerman sebagai tim Eropa pengoleksoi gelar terbanyak. Jerman sejauh ini sudah mengemas tujuh gelar turnamen elite.

Sumber: RAI Sport via Football Italia

Video Populer

Foto Populer