Sukses


Bawa Italia juara Euro 2020, Ini Potret Karier Roberto Mancini di Inggris

Bola.com, London - Roberto Mancini hanya butuh tiga tahun untuk mempersembahkan trofi bersama Timnas Italia di Euro 2020. Gli Azzurri berjaya dengan melibas Timnas Inggris melalui adu penalti dengan skor 3-2 setelah laga berkesudahan 1-1 di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. 

Ya, Roberto Mancini baru ditunjuk menangani Tinmas Italia pada 2018, tak lama setelah Gli Azzurri gagal lolos ke Piala Dunia. Kegagalan itu benar-benar petaka besar karena baru kali pertama terjadi setelah 1958. 

Perjalanan Mancini bersama Timnas Italia berjalan apik. Di bawah racikannya, Italia menjelma menjadi tim yang tangguh. Bukti sahihnya adalah rekor tak terkalahkan dalam 34 pertandingan beruntun. 

Puncaknya tentu saja final Euro 2020 di Stadion Wembley. Roberto Mancini tak kuasa menahan air matanya tumpah. 

Publik Italia akhirnya kembali merasakan gelar Piala Eropa lagi setelah 1968. Semuanya berkat Roberto Mancini dan skuadnya. 

Sebelum sukses bersama Timnas Italia, Roberto Mancini sudah malang melintang menangani berbagai klub sejak 2001. Tepatnya ada Fiorentina, Lazio, Inter Milan, Manchester City, Galatasaray, dan Zanit St Petersburg.

Di antara deretan klub yang pernah dilatihnya, ada satu yang berasal dari Inggris, yaitu Manchester City. Bagaimana prestasi Roberto Mancini saat menangani klub Inggris tersebut? 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Prestasi Roberto Mancini di Manchester City

Pada 19 Desember 2009, Mancini resmi didapuk menjadi manajer Manchester City menggantikan Mark Hughes yang dipecat. Dia dikontrak berdurasi 3,5 tahun. Bagaimana prestasinya? 

Musim 2009/2010

- Manchester City Finis kelima di Premier League 

- Manchester City gagal merebut tiket ke Liga Champions 

Musim 2010/2011

- Manchester City finis ketiga di Premier League 

- Manchester City juara Piala FA

Musim 2011/2012

- Manchester City juara Premier League 

Musim 2012/2013

- Manchester City peringkat kedua di Premier League 

- Manchester City kalah di final Piala FA

- Mancini dipecat 

Sumber: berbagai sumber 

Video Populer

Foto Populer