Sukses


9 Rekor Dunia yang Bisa Pecah pada Euro 2024

Bola.com, Jakarta - Euro 2024 akan digelar di Jerman dalam waktu dekat. Ada sembilan rekor dunia yang bisa pecah pada turnamen empat tahunan tersebut.

Euro 2024 dipastikan bakal diikuti generasi terbaik. Sebaliknya, buat bintang-bintang seperti Cristiano Ronaldo hingga William Carvalho kemungkinan besar akan menjalani Piala Eropa terakhirnya tengah tahun nanti.

Italia sebagai juara bertahan juga berpeluang dihuni oleh kombinasi antara pemain gaek dan muda. Nama-nama seperti Nicolo Zaniolo hingga Georgio Scalvini akan bahu membahu mempertahankan gelar.

Yang jelas, menarik untuk dinanti rekor-rekor yang bisa pecah pada Euro 2024 ini. Berikut Bola.com merangkumnya.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pemain Termuda

Sosok Kacper Kozlowski bukan nama tenar di sepak bola Eropa. Saat ini berusia 20 tahun, pemain Timnas Polandia itu menjadi pesepak bola termuda yang merumput di Euro, tepatnya pada Euro 2020 yang digelar pada 19 Juni 2021.

Saat itu, Kacper Kozlowski berusia 17 tahun 246 hari. Ia masuk menggantikan Mateusz Klich saat Polandia menahan imbang Spanyol 1-1.

 

 

3 dari 6 halaman

Pencetak Gol Termuda

Johan Vonlanthen pernah menjadi sensasi di awal 2000-an. Pada tanggal 21 Juni, saat Swiss menghadapi Prancis di fase grup, Johan Vonlanthen memanfaatkan kesempatan untuk menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah kompetisi.

Pada usia 18 tahun dan 141 hari, penyerang tengah muda ini merespon gol pembuka Zinedine Zidane , namun tidak mampu mencegah tim nasional Swiss kalah setelah Thierry Henry mencetak dua gol di penghujung pertandingan. Kini sudah pensiun, karier Vonlanthen beragam, dengan sempat bermain di Red Bull Salzburg, Grasshopper Club Zurich, dan Servette FC.

 

4 dari 6 halaman

Pencetak Gol Tertua

Empat tahun setelah Johan Vonlanthen membuat sejarah dengan menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa, pemain Austria Ivica Vastic menjadi yang tertua. Pada tanggal 12 Juni, gelandang serang tersebut mengonversi penalti pada menit ke-90 untuk memberi timnya satu poin.

Mantan pemain LASK itu saat itu berusia 38 tahun 257 hari. Namun, gol tersebut tidak cukup untuk membawa Austria lolos ke perempat final Euro 2008.

 

5 dari 6 halaman

Pemain Tertua

Gabor Kiraly sulit dilupakan oleh pencinta sepak bola. Mantan kiper Crystal Palace, Burnley, dan Hertha Berlin ini terkenal karena kerap mengenakan celana training panjang saat mengawal gawang Hungaria.

Rekor yang mencolok adalah bagaimana ia berstatus pemain tertua yang merumput di Piala Eropa edisi 2016. Pada usia 40 tahun 86 hari, sang penjaga gawang menasbihkan namanya di papan rekor.

6 dari 6 halaman

Rekor Lainnya

  • Gol Tercepat, 67 detik: Dmitri Kiritchenko (Rusia) - Euro 2004
  • Pemain Paling Sering Tampil di Piala Eropa, 5 kali: Cristiano Ronaldo (Portugal)
  • Hat-trick Tercepat, 19 menit: Michael Platini (Prancis Vs Yugoslavia) - Euro 1984
  • Gol Terbanyak dalam Satu Turnamen, 9 gol: Michael Platini (Prancis) - Euro 1984
  • Tim Paling Produktif dalam Satu Turnamen, 14 gol: Prancis - Euro 1984

Video Populer

Foto Populer