Sukses


Roberto Martinez Bicara Comeback Dramatis Timnas Belgia atas Rep Ceska di Euro 2024: Kami Gigih dan Disiplin

Bola.com, Jakarta - Roberto Martinez memberikan pujian atas kedisiplinan yang ditunjukkan oleh Timnas Portugal, meskipun sempat tertinggal lebih dulu dari Rep Ceska di Euro 2024.

Timnas Portugal sukses merengkuh tiga poin perdana atas sang lawan pada laga Grup F di Euro 2024. Bermain di Leipzig Stadium, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB, mereka menang tipis dengan skor 2-1.

Seleccao das Quinas sejatinya menguasai pertandingan, namun justru Rep Ceska yang unggul lebih dulu lewat aksi Lukas Provod di menit 62. Selang tujuh menit, Portugal berhasil menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Jindrich Stanek.

Kemudian, ketika pertandingan masuk di masa tambahan waktu, wonderkid Francisco Conceicao menjadi juru selamat dari Timnas Portugal usai golnya di menit 90+2 memberikan kemenangan untuk Seleccao das Quinas.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Puas dengan Etos Kerja

Pasca pertandingan, Martinez mengatakan ia cukup puas dengan determinasi maupun semangat juang yang ditunjukkan Portugal meski mereka tertinggal terlebih dahulu.

"Hari ini kami menunjukkan kegigihan, ya, tetapi juga disiplin yang tinggi, kami bermain dan mengendalikan permainan dan kami tidak membiarkan Ceko memanfaatkan gol yang mereka cetak dan ini adalah hal yang paling penting," kata Martinez.

"Kami menunjukkan nilai yang luar biasa dan kami menunjukkan kekuatan dari 23 pemain dan para penjaga gawang yang ada di sini, dan saya harus berterima kasih kepada para pendukung kami, atmosfer yang mereka ciptakan telah membantu kami memenangkan pertandingan ini."

3 dari 4 halaman

Butuh Evaluasi

Portugal menuntaskan 368 operan di babak pertama pertandingan ini, rekor terbanyak mereka dalam satu babak sepak bola di putaran final Euro (sejak 1980), tanpa menemukan gol.

Dominasi tersebut berubah menjadi frustasi ketika Provod mencetak gol, Namun Martinez tidak terlalu kecewa dengan upaya timnya.

"Ada beberapa hal yang harus dievaluasi, bukan dari segi taktik atau fisik, kami memiliki 18 tembakan dan 13 tendangan sudut," tambah mantan pelatih Timnas Belgia itu.

"Segalanya berjalan sulit bagi kami hari ini, namun kami pantas menang, dan bagi seorang pelatih nasional, sungguh luar biasa memiliki sekelompok pemain yang tangguh dan penuh dedikasi."

4 dari 4 halaman

Puji Conceicao

Penyerang Porto, Conceicao, masuk dari bangku cadangan di menit ke-90 dan kurang dari dua menit kemudian, Martinez memuji dampak pemain berusia 21 tahun itu pada penampilan kompetitif pertamanya untuk negaranya.

"Francisco adalah contoh terbaik untuk mendapatkannya, dia layak berada di sini dan dia menunjukkan bahwa dia siap membantu tim," kata Martinez.

"Seorang pemain yang sangat alami, ia memiliki kemampuan untuk menciptakan bahaya di dalam kotak penalti.

"Francisco melakukan apa yang telah ia lakukan selama empat bulan terakhir di tim klubnya, tetapi ini tidak mudah, tetapi ia menunjukkan karakter dan nilainya karena ia layak berada di sini."

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan, published 19/06/2024)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer