Sukses


    Euro 2024: Sihir Supersub, Gareth Southgate Beberkan Alasan Ganti Harry Kane dan Masukkan Ollie Watkins

    Bola.com, Dortmund - Keberhasilan Timnas Inggris melenggang ke final Euro 2024 membuktikan Gareth Southgate mengenali kekuatan pasukannya. Dia pun mendapat banyak pujian. 

    Seperti diketahui, Inggris melaju ke final Euro 2024 setelah melibas Belanda 2-1 pada semifinal, di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.  Laga berlangsung relatif seimbang, Inggris keluar sebagai pemenang dengan skor tipis.

    Pertemuan dua tim selevel ini berjalan sesuai prediksi. Xavi Simons membawa Belanda unggul lebih dahulu lewat golnya di menit ke-7. Inggris lantas menyamakan kedudukan lewat penalti Harry Kane di menit ke-18.

    Ketika laga tampak akan berakhir imbang, pemain-pemain pengganti Inggris jadi penentu. Menit ke-90, Ollie Watkins mencetak gol kemenangan Inggris yang mengubah skor jadi 2-1.

    Nah yang menarik, Watkins adalah pemain pengganti yang baru dimasukkan Gareth Southgate 10 menit sebelum mencetak gol. Golnya berawal dari assist Cole Palmer, juga seorang pemain pengganti.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Supersub Inggris, Penjelasan Southgate

    Pertandingan dua tim selevel ini berjalan sesuai prediksi. Laga lebih banyak terkunci, apalagi setelah skor berubah jadi 1-1. Inggris lebih dominan, tapi pertahanan Belanda solid.

    Memahami situasi tersebut, Southgate lantas membuat keputusan cerdas dengan pergantian pemain. Di menit ke-80, dia memasukkan Cole Palmer dan Ollie Watkins. Dua pemain yang berkontribusi langsung terhadap gol kemenangan.

    "Melihat energi pemain, kami merasa bahwa tekanan pemain kami mulai kendur dan Harry juga mengalami benturan," kata Southgate.

    "Ollie bisa menekan lawan dengan baik dan membuat lari di belakang bek lawan. Kami merasa momennya tepat untuk mencoba pergantian pemain."

     

    3 dari 4 halaman

    Skuad Inggris yang Siap

    Southgate pun menegaskan pergantian pemain itu berhasil bukan hanya karena analisisnya. Dia beruntung memiliki skuad yang solid. Setiap pemain siap memberikan yang terbaik, termasuk mereka yang di bangku cadangan.

    "Hal yang terpenting adalah bahwa seisi skuad kami siap masuk dan jadi pembeda di pertandingan. Saya sangat senang Ollie mendapatkan momennya," tandas Southgate. 

    Sumber: BBC 

    Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published 11/7/2024). 

    4 dari 4 halaman

    Laporan Langsung Bola.com dari Jerman

    Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

    <p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer