Sukses


    De Gea Berharap VAR Tak Ganggu Kenikmatan Piala Dunia 2018

    Jakarta Teknologi VAR (Video Assistant Referee) pertama kalinya akan menyambangi Piala Dunia 2018 Rusia nanti. Setelah digunakan di beberapa liga top Eropa musim ini, VAR dipercaya dapat meningkatkan kualitas pertandingan.

    Pro-kontra soal VAR pun terus bermunculan. Ada yang mendukung karena VAR dinilai dapat banyak membantu wasit. Tak sedikit yang menolak karena VAR dinilai memperlambat permainan.

    Kiper timnas Spanyol, David De Gea pun mengaku tidak begitu bermasalah dengan VAR. Dengan syarat VAR bisa digunakan seefektif mungkin dan tidak mengurangi esensi sepak bola.

    2 dari 3 halaman

    Terus Berhenti

    Salah satu kekhawatiran De Gea adalah jika wasit membutuhkan waktu cukup lama untuk mengambil keputusan berdasarkan VAR. Kiper Manchester United ini menilai hal itu dapat merusak tempo permainan dan kebugaran pemain.

    "Jika VAR digunakan dengan baik, jika pertandingan tidak terlalu banyak berhenti, maka akan ada keputusan penting yang bisa mengubah arah pertandingan dan itu baik," ujar De Gea di marca.

    "Apa yang saya khawatirkan adalah jika pertandingan terus menerus berhenti."

    3 dari 3 halaman

    Keadilan

    Terlepas dari masalah itu, De Gea percaya VAR bisa menjadi solusi yang tepat untuk membuat pertandingan sepak bola menjadi lebih adil bagi kedua tim yang bermain.

    "Itu akan menjadi kemajuan positif bagi sepak bola, tapi kita tidak boleh melupakan sepak bola adalah olah raga yang cepat dan jika anda menghentikannya..."

    "Hal yang terpenting adalah anda harus melihatnya (rekaman VAR) dan membuat keputusan seadil mungkin," pungkas dia.

    Video Populer

    Foto Populer