Sukses


Southgate Pun Terkejut Lihat Jerman Tersingkir

Jakarta Tersingkirnya sang juara bertahan, Jerman, di ajang Piala Dunia 2018 menjadi sebuah kejutan untuk banyak pihak. Tak terkecuali Gareth Southgate, yang merupakan pelatih dari salah satu kandidat juara lainnya, Inggris.

Jerman datang ke Rusia dengan membawa status juara pada pagelaran sebelumnya, yakni tahun 2014. Pada saat itu, skuat asuhan Joachim Loew tersebut mampu meraih trofi setelah mempecundangi dua negara raksasa asal Amerika Selatan, Brasil dan Argentina.

Sayangnya, keperkasaan itu justru tidak terulang pada seri kali ini. Malah sebaliknya, Manuel Neuer dkk justru tersingkir di babak grup dan tumbang di tangan dua tim kuda hitam, Meksiko dan Korea Selatan, serta mengakhiri fase grup sebagai juru kunci.

2 dari 3 halaman

Terkejut Lihat Jerman

Fakta tersebut jelas mengagetkan banyak pihak, karena Die Panzer merupakan salah satu unggulan juara di kompetisi ini. Bahkan Southgate sendiri pun terkejut.

"Tentu saja saya terkejut. Saya di sini pada musim panas lalu untuk Piala Konfederasi dan mereka membawa tim yang muda, mereka juga memenangkan final U-21," ujar Southgate seperti yang dikutip dari Daily Mail.

"Sangat tidak biasa melihat mereka kesulitan seperti ini, tapi level dari semua tim sangatlah kuat. Dan mereka memainkan tim yang sangat bagus secara taktik melawan mereka dan melancarkan serangan balik," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Belajar Banyak dari Jerman

Southgate mengaku bahwa dirinya mempersiapkan timnas Inggris dengan mempelajari timnas Jerman. Oleh karena itu, apa yang dilakukan oleh Die Panzer memberikan pengaruh terhadap The Three Lions pada saat ini.

"Kami mendapatkan banyak hal dari mempelajari Jerman sebagai tim,. Kami belajar banyak dari melihat mereka pada musim panas lalu, dan mengimplemetasikan beberapa, karena mereka adalah tim yang menjuarai Piala Dunia," lanjutnya.

"Secara tidak langsung, saya ingin mengatakan bahwa mereka punya pengaruh terhadap apa yang kami lakukan sekarang. Tapi dalam olahraga dan hidup, anda harus terus berevolusi dan berkembang, dan itu menunjukkan siapapun bisa rapuh," pungkasnya.

Berbanding terbalik dengan Jerman, Inggris justru saat ini sedang menjadi pemuncak klasemen grup G dan telah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Harry Kane dkk kini hanya perlu melakoni satu partai fase grup lagi melawan Belgia hari Jumat (29/6) dini hari nanti.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer