Sukses


    Inggris vs Belgia, Southgate Siap Tanduk Martinez

    Jakarta Inggris dan Belgia akan bertarung memperebutkan puncak klasemen Grup G Piala Dunia 2018 Rusia, Jumat (29/6) dini hari WIB nanti. Laga yang seharusnya menjadi duel keras itu berpotensi tidak sesuai harapan banyak penikmat sepak bola.

    Hal ini dikarenakan baik Belgia maupun Inggris sudah pasti lolos ke 16 besar. Laga tersebut hanya soal menentukan pemuncak klasemen grup, yang tidak terlalu penting bagi pelatih Belgia, Roberto Martinez.

    Lain halnya dengan pelatih Inggris, Gareth Southgate mengatakan kemenangan adalah kewajiban untuk menjaga stabilitas timnya. Menurutnya Inggris harus berhasil menang demi menjaga kualitas permainan di fase gugur nanti.

    Skuat Inggris yang masih sangat muda memang terus dipandang sebelah mata pada Piala Dunia kali ini. Kurangnya pengalaman adalah salah satu penyebabnya. Karenanya, Southgate menilai kemenangan sangat penting untuk menjaga mentalitas para pemain mudanya.

    "Kami ingin memenangkan pertandingan, itu berarti kami memuncaki grup dan melaju ke pertandingan apa pun yang sudah menanti kami," jelas Southgate di fourfourtwo.

    "Kami mencoba mengembangkan mentalitas juara dan saya tidak bisa membayangkan situasi ketika saya berdiri di depan para pemain saya dan mulai berbicara soal hal selain kemenangan."

    2 dari 2 halaman

    Menanduk Roberto Martinez

    Adapun pertemuan kedua tim ini cukup unik. Keduanya mengoleksi poin yang sama (6), selisih gol sama (6), jumlah memasukkan gol sama (8) dan jumlah kebobolan sama (2).

    Karenanya jika laga berakhir imbang tanpa gol, maka hal berikutnya yang dinilai adalah tingkat disiplin setiap tim. Menyoal kemungkinan ini, Southgate bercanda dan mengatakan akan menanduk Roberto Martinez jika laga tinggal lima menit dan skor masih 0-0.

    "Jika saya pergi menanduk Roberto di lima menit terakhir maka anda akan tahu bahwa kami mungkin mengambil pendekatan lain untuk lolos," canda Southgate.

    "Kami selalu berbicara dengan para pemain soal disiplin di lapangan, menghindari memberikan tendangan bebas yang tidak perlu."

    "Bagian dari sikap disiplin di kompetisi berformat turnamen adalah dengan meminimalisir kartu kuning jadi anda memiliki banyak pemain tersedia untuk laga-laga berikutnya," tutup Southgate.

    Video Populer

    Foto Populer