Sukses


Di Piala Dunia Ini, Neymar Sudah Terkapar Total 14 Menit

Jakarta Neymar menjadi salah satu pemain yang paling disorot sejauh ini. Bintang timnas Brasil itu menjadi perbincangan di pertandingan melawan Meksiko lantaran berguling-guling setelah diinjak oleh Miguel Layun.

Sepanjang Piala Dunia ini, Neymar baru mengemas dua gol bagi Brasil, tapi kontribusinya tak bisa dibilang minimal. Meski jumlah golnya relatif biasa-biasa saja, tapi kehadiran neymar di timnas Brasil sangat penting. Ia memiliki peran sentral di lini serang Brasil.

Tapi Neymar kerap dihujat banyak orang di seluruh dunia karena aksi teatrikalnya. Neymar sering membesar-besarkan reaksi setelah menjalani kontak dengan pemain lain. Ia terutama dikritik habis-habisan karena berguling-guling di laga melawan Meksiko.

2 dari 4 halaman

Terkapar 14 Menit

Stasiun televisi Swiss, RTS menghitung secara detail berapa lama waktu yang dihabiskan Neymar untuk terkapar di tanah. RTS menghitung waktu yang hilang karena Neymar dilanggar atau terkapar.

Secara keseluruhan, dalam empat pertandingan bersama Brasil, Neymar sudah menghabiskan hampir 14 menit. Yang paling lama adalah ketika laga melawan Meksiko di babak 16 besar lalu. Wasit menghabiskan 5,5 menit karena Neymar dilanggar atau sedang terkapar. Insiden yang paling lama adalah ketika Neymar berguling-guling setelah diinjak Layun. Saat itu, Neymar tak beranjak dari tanah selam hampir dua menit.

Di pertandingan lainnya, Neymar terkapar selama 3 menit 40 detik melawan Swiss. Lalu ia menghabiskan 2 menit 45 detik saat melawan Kosta Rika dan akhirnya 1 menit 56 detik saat menghadapi Serbia.

3 dari 4 halaman

Injury Time Tak Cukup

Sudah bukan rahasia lagi bahwa waktu tambahan yang diberikan wasit setelah waktu normal (90 menit) usai jarang sesuai dengan total waktu yang terbuang sepanjang pertandingan. Hal ini masih terus menjadi polemik. Tidak semua waktu yang terbuang kemudian diganti di akhir pertandingan.

Fivethirtyeight.com melakukan penghitungan mendetail dalam 32 pertandingan pertama Piala Dunia 2018. Mereka menghitung secara teliti setiap interupsi dan waktu yang terbuang dalam 90 menit pertandingan. Kemudian mereka membandingkannya dengan waktu tambahan yang diberikan di setiap akhir babak.

Hasilnya, dari 32 pertandingan, hanya ada satu pertandingan yang mendapatkan waktu tambahan yang sesuai. Laga itu adalah pertemuan antara Jerman melawan Swedia. Jika di rata-rata, wasit memberikan waktu tambahan 6 menit 59 detik di setiap pertandingan (untuk dua babak). Pada kenyataannya, rata-rata waktu yang terbuang adalah 13 menit 10 detik.

4 dari 4 halaman

Penyebab Waktu Terbuang

Jika ditotal secara keseluruhan, ternyata bukan cedera atau pemain yang terkapar yang menyita waktu paling banyak. Tapi faktor utama yang membuat waktu terbuang adalah tendangan bebas. Rata-rata di setiap pertandingan, pemain menghabiskan 10 menit untuk melepas tendangan bebas.

VAR (Video Assistant Replay) yang sejauh ini relatif kontroversial juga ternyata tak menyita banyak waktu. Menurut fivethirtyeight, wasit hanya menggunakan rata-rata 30 detik di setiap pertandingan untuk berkonsultasi dengan VAR.

Secara keseluruhan, bola hanya dimainkan dalam status open play selama 55 menit dalam 97 menit pertandingan.

 

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer