Sukses


    Keisuke Honda Jadi GM dan Melatih Timnas Kamboja Tanpa Menerima Bayaran

    Bola.com, Phnom Penh - Pesepak bola top asal Jepang, Keisuke Honda, sudah diresmi dikenalkan Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) sebagai pelatih kepala serta GM Timnas Kamboja pada Minggu (12/8/2018) di Phnom Penh, Kamboja.

    Keisuke Honda akan melatih, meski ia masih berstatus sebagai pemain aktif di klub peserta A-League (Liga Australia), Melbourne Victory.

    Honda diketahui meneken kontrak berdurasi dua tahun dengan FFC, satu pekan setelah ia menandatangani kontrak sebagai pemain Melbourne Victory.

    Tugas-tugas Honda antara lain mempersiapkan serta mendampingi Timnas Kamboja di ajang Piala AFF 2018 serta SEA Games 2019 serta menyiapkan dasar serta gaya permainan untuk timnas yang disiapkan untuk SEA Games 2023 yang kabarnya digelar di Kamboja.

    Namun, mungkin belum banyak yang tahu, apabila Keisuke Honda tak akan menerima gaji dalam kapasitasnya sebagai pelatih Timnas Kamboja. Ia disebut sukarela menjalankan peran barunya ini. Sikap Honda itu sangat dihargai FFC.

    Hal ini disampaikan Presiden FFC, Sao Sokha. "Dia dengan murah hati memberikan waktunya untuk membantu sepak bola Kamboja. Tapi, FFC akan membayar seluruh pengeluaran bepergiannya, akomodasi serta yang berkaitan dengan tugas-tugasnya," kata Sokha.

    Di sisi lain, kebijakan FFC menunjuk Honda jadi sorotan mengingat kiprah pemain yang pensiun dari Timnas Jepang seusai Piala Dunia 2018 itu dalam dunia kepelatihan belum nyaring terdengar. Apalagi, Honda masih aktif bermain di luar Benua Asia.

    Perihal ini, juru bicara Melbourne Victory sudah mengklarifikasi, klub memberikan dukungan penuh pada Honda meski kemungkinan tugas-tugasnya di Timnas Kamboja ada yang bentrok dengan jadwal main Victory di A League 2018-2019.

    Situs A-League.com mengungkap Melbourne Victory memahami Honda akan mengadakan semacam video conference dari Melbourne, yang memungkinkannya tetap menjalankan tugas sebagai pelatih Timnas Kamboja tanpa harus hadir secara langsung ke Kamboja.

    Hal lain, muncul rumor berkaitan dengan lisensi kepelatihan yang dipegang Keisuke Honda saat ini yang dianggap kurang, sebuah laporan menyebut peran sebagai pelatih kepala Timnas Kamboja akan diambil oleh pelatih asal Argentina, Felix Agustin Gonzalez Dalmas, sementara Honda akan membantu memberi masukan taktik dalam perannya sebagai GM. Namun, rumor itu sejauh ini belum mendapat konfirmasi dari FFC.

    Sumber: Khmer Times

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer