Sukses


    4 Pemain yang Layak Jadi Benteng Lini Belakang Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

    Bola.com, Jakarta - Perhelatan Piala AFF 2018 tinggal menghitung hari menunju tanggal kick off pada 8 November 2018. Sampai saat ini, Timnas Indonesia di bawah asuhan Bima Sakti belum mengonfirmasi skuat yang akan dibawa ke turnamen dua tahunan tersebut.

    Piala AFF menjadi yang selalu membuat Timnas Indonesia penasaran. Maklum, sepanjang penyelenggaran mulai turneman bernama Piala Tiger sampai Piala AFF, Timnas Indonesia belum pernah menjadi juara. Laju Indonesia selalu terhenti di final dan akhirnya harus puas meraih predikat runner-up sebanyak lima kali.

    Hal itulah yang membuat PSSI memberi target tinggi buat Timnas Indonesia tahun ini. Meskipun persiapan mepet, PSSI mewajibkan Tim Merah-Putih membawa pulang trofi Piala AFF sekaligus mencetak sejarah.

    Untuk mewujudkan hal itu, laju Timnas Indonesia tidaklah mudah. Tergabung di Grup B, Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura, Timor Leste, Thailand, dan Filipina di babak penyisihan. Andai berhasil, Indonesia pun harus melalui empat laga lagi berstatus kandang tandang untuk memastikan trofi dalam genggaman.

    Sadar misi tergolong amat berat, kini pelatih Bima Sakti harus menemukan skuat terbaiknya untuk Piala AFF 2018. Salah satu lini yang krusial adalah pertahanan.

    Calon lawan-lawan Timnas Indonesia di Piala AFF dikenal sebagai tim yang memiliki kemampuan apik dalam hal serangan. Jadi, Bima Sakti harus menemukan bek-bek tangguh yang punya kemampuan mematikan dan menghalau serangan lawan.

    Lantas, siapa saja bek-bek yang berpeluang membuat lawan frustasi ketika melancarkan serangan ke lini pertahanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018?

    Berikut ini empat pemain yang berpotensi membuat lini pertahanan Timnas Indonesia kukuh dan sulit ditembus lawan versi Bola.com:

    2 dari 5 halaman

    Fachrudin Aryanto

    Bek Timnas Indonesia, Fachrudin Aryanto, menggiring bola saat melawan Islandia pada laga persahabatan di SUGBK, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Timnas Indonesia kalah 1-4 dari Islandia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

    Nama Lengkap: Fachrudin Wahyudi Aryanto

    Tempat dan Tanggal Lahir: Klaten, 19 Februari 1989

    Posisi: Bek Tengah

    Klub: Madura United

    Debut bersama Timnas Indonesia: 2012

    Andai dipanggil Timnas Indonesia bentukan Piala AFF 2018, maka Fachrudin Aryanto akan menjadi pemain belakang dengan jumlah penampilan terbanyak. Saat ini, Fachrudin sudah membukukan 31 penampilan bersama Timnas Garuda.

    Predikat langganan Timnas dimiliki Fachrudin tentu bukan tanpa alasan. Pemain berusia 29 merupakan bek tangguh yang selalu bekerja keras di lini pertahanan. Pengalamannya sebagai pemain senior tentu sangat berguna untuk jadi panutan para bek-bek muda.

    3 dari 5 halaman

    Hansamu Yama

    Bek Indonesia, Hansamu Yama, saat melawan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga Asian Games di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Jumat (24/8/2018). Indonesia kalah adu penalti dari UEA. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

    Nama Lengkap: Hansamu Yama Pranata

    Tempat dan Tanggal Lahir: Mojokerto, 16 Januari 1995

    Klub: Barito Putera

    Posisi: Bek Tengah

    Debut bersama Timnas Indonesia: 2016

    Kualitas seorang Hansamu Yama di lini belakang tentu tak perlu diragukan. Namanya pun kerap dipanggil Timnas Indonesia karena memiliki kemampuan yang mumpuni di lini belakang.

    Selain itu, Hansamu Yama juga memiliki jiwa seorang pemimpin yang membuatnya mendapatkan ban kapten di Timnas U-23. Berduet dengan Fachrudin tentu bakal membuat jantung pertahanan Timnas Indonesia kukuh dan sulit ditembus.

    4 dari 5 halaman

    Ricky Fajrin

    Bek Indonesia, Ricky Fajrin, saat melawan Palestina pada laga Asian Games di Stadion Patriot, Jawa Barat, Rabu (15/8/2018). Indonesia takluk 1-2 dari Palestina. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

    Nama Lengkap: Ricky Fajrin Saputra

    Tempat dan Tanggal Lahir: Semarang, 6 September 1995

    Klub: Bali United

    Posisi: Bek Kiri

    Debut bersama Timnas Indonesia: 2017

    Di usia yang tergolong muda, Ricky Fajrin mampu membuktikan diri sebagai bek kiri yang berkualitas. Hal itulah yang membuat namanya langganan dipanggil Timnas U-23 dan juga bermain di tim inti bersama Bali United.

    Ricky Fajrin juga bisa diandalkan sebagai bek tengah. Namun, kemampuannya lebih terlihat jika dipercaya sebagai bek kiri karena memiliki kecepatan yang kemampuan melepaskan bola-bola direct ke lini depan.

    5 dari 5 halaman

    Putu Gede

    Pemain Timnas Indonesia U-23, I Putu Gede Juni Antara saat melawan Suriah U-23 pada laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Rabu (16/11/2017). Indonesia kalah 2-3. (Bola.com/NIcklas Hanoatubun)

    Nama Lengkap: Putu Gede Juni Antara

    Tempat dan Tanggal Lahir: Gianyar, 7 Juni 1995

    Klub: Bhayangkara FC

    Posisi: Bek Kanan

    Debut bersama Timnas Indonesia: 2017

    Putu Gede Juni Antar menjadi amunisi yang bagus dimiliki Timnas Indonesia di sektor kanan. Pemain berpostur 176 cm itu kerap mematikan serangan-serangan lawan dari sektor sayap.

    Kemampuan berduel dan kecepatan yang dimiliki Putu Gede membuat pelatih Bima Sakti wajib memanggilnya untuk Piala AFF. Apalagi Timnas Indonesia akan menghadapi tim seperti Singapura dan Thailand yang kerap merepotkan dari sektor sayap.

    Video Populer

    Foto Populer