Sukses


    Media Asing Pertanyakan Hilangnya Irfan Bachdim di Skuat Timnas Indonesia

    Jakarta - Nama Irfan Bachdim tidak ada pada daftar pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018. Hal ini memperpanjang kegagalan pemain berdarah Belanda itu mengikuti kompetisi antarnegara ASEAN tersebut.

    Irfan telah memperkuat timnas Indonesia sejak 2010. Namanya mulai mencuat saat dipercaya tampil di Piala AFF 2010 di bawah asuhan Alfred Riedl. Saat itu, Irfan Bachdim sempat mencetak gol saat Indonesia mengalahkan Malaysia (5-1) dan Laos (6-0). Sayang, pada edisi ini, Indonesia gagal juara setelah di final kalah dari Malaysia (2-4).

    Saat sepak bola Indonesia mengalami dualisme kompetisi, Irfan Bachdim kembali dipanggil memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2012. Pada edisi ini, langkah timnas Indonesia lebih singkat setelah finis di urutan ketiga grup B dengan empat poin. 

    Nama Ifran juga sebenarnya sempat masuk daftar pemain yang disetorkan kepada penyelenggara Piala AFF 2014. Saat itu, Alfred Riedl kembali memanggilnya meski tengah berkutat dengan cedera. Riedl awalnya berharap Irfan pulih saat pasukannya tampil, namun kondisi mantan pemain Ventforet Kofu tidak memungkinkan untuk bermain. Akibatnya, Riedl terpaksa mencoret namanya dan menggantinya dengan pemain lain. 

    Dua tahun berikutnya, Irfan kembali dipanggil memperkuat Timnas Indonesia. Namun Alfred Riedl yang kembali dipercaya menukangi Tim Merah Putih terpaksa mencoretnya lagi karena mengalami cedera saat latihan terakhir sebelum tampil di Piala AFF 2016. Pemain berusia 30 tahun tersebut mengalami retak tulang fibula akibat bertabrakan dengan salah seorang pemain timnas saat berduel berebut bola. 

    2 dari 3 halaman

    Keputusan Bima Sakti

    Saat ini, Irfan sebenarnya dalam kondisi prima. Namun Bima Sakti yang ditunjuk menangani timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tidak memanggil namanya. 

    Absennya Irfan mendapat perhatian dari dari media Vietnam, Bongda. Dalam artikel yang dirilis, Rabu (31/10/2018), Bongda menilai ketidakhadiran Ifran sebagai kerugian bagi Indonesia. Selain Irfan, media Vietnam juga menyoroti tidak dipanggilnya Boaz Solossa. 

    "Ketidakhadiran yang paling disayangkan adalah tidak dipanggilnya Irfan Bachdim, yang disebut sebagai (David) Beckham dari Indonesia. Dua tahun lalu, Irfan juga melewatkan Piala AFF 2016 karena cedera kaki," tulis Bongda terkait absennya Irfan yang pernah menjebol gawang timnas Vietnam dalam dua uji coba jelang Piala AFF 2016 lalu.

    3 dari 3 halaman

    Daftar Pemain Timnas Indonesia

    Kiper

    1. Andritany Ardhiyasa, Persija

    2. Muhammad Ridho, Borneo FC

    3. Awan Setho, Bhayangkara FC

    Belakang

    4. I Putu Gede, Bhayangkara FC

    5. Gavin Kwan, Barito Putera

    6. Hansamu Yama, Barito Putera

    7. Fachruddin Aryanto, Madura United

    8. Bagas Adi, Arema FC

    9. Ricky Fajrin, Bali United

    10. Alfath Fathier, Madura United

    11. Rizki Pora, Barito Putera

    Gelandang

    12. Zulfiandi, Sriwijaya FC

    13. Muhammad Hargianto, Bhayangkara FC

    14. Bayu Pradana, Mitra Kukar

    15. Stefano Lilipaly, Bali United

    16. Evan Dimas, Selangor FA

    17. Septian David, Mitra Kukar

    18. Irfan Jaya, Persebaya

    19. Saddil Ramdani, Persela

    20. Febri Hariyadi, Persib

    21. Riko Simanjuntak, Persija

    Striker

    22. Dedik Setiawan, Arema FC

    23. Alberto Goncalves, Sriwijaya FC

     

    Sumber: Liputan6.com

    Video Populer

    Foto Populer