Sukses


    Buat Piala AFF 2018, Persiapan Timnas Indonesia Hanya 7 Hari Saja

    Bola.com, Jakarta - Bima Sakti berburu dengan waktu membangun soliditas Timnas Indonesia sebelum berlaga di Piala AFF 2018. Sang mentor hanya punya waktu tujuh hari saja menggelar sesi latihan sebelum Tim Merah-Putih berlaga di penyisihan Grup B menghadapi Singapura, di Singapore National Stadium, Jumat (9/11/2018).

    Sesi latihan pelatnas mulai digeber Jumat (2/11/2018) pagi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Artinya Timnas Indonesia hanya punya tujuh hari saja untuk mempersiapkan diri.

    Keterbatasan waktu ini agaknya membuat Bima Sakti bersikap pragmatis, memilih mayoritas pemain veteran Asian Games 2018 sebagai motor Timnas Indonesia. Para pemain belia sudah ditempa oleh Luis Milla sejak perhelatan SEA Games 2017 silam.

    Pola pelatnas jangka pendek bukan hal baru di era Luis Milla. Pelatih asal Spanyol tersebut biasanya mengumpulkan pemain kurang dari sepekan sebelum menjalani laga internasional. Ia amat percaya pemain lebih baik dimatangkan lewat kompetisi, seperti kebanyakan negara-negara elite dunia.

    Pola pelatnas jangka panjang, yang selama ini kerap dipakai Timnas Indonesia bisa dibilang sudah usang. Walau juga patron ini tidak juga bisa dibilang salah. Rendahnya mutu kompetisi membuat para pelatih Timnas Indonesia memilih jalan pintas menyatukan mereka dalam durasi bulan sebelum bertarung di sebuah ajang internasional.

    Tengok saja di Piala AFF 2016 lalu. Alfred Riedl menggeber pelatnas selama tiga bulan. Walau konsekuensinya ia tidak bisa bebas memilih pemain, karena klub yang tengah bertarung di pentas kompetisi hanya bersedia melepas dua pemain saja.

    Bima Sakti yakin Timnas Indonesia bisa berbicara banyak, sekalipun masa persiapan mepet. Acuannya, selama dua tahun terakhir Tim Garuda sudah punya game plan racikan Luis Milla yang dijadikan fondasi.

    "Saya akan berjuang bersama-sama dengan staf pelatih, ofisial, kemudian pemain. Kami punya tanggung jawab besar di Piala AFF nanti. Selama satu tahun sembilan bulan kami belajar banyak dari Luis Milla. Kelebihan-kelebihan yang ada akan dipertahankan, di waktu tersisa kekurangan yang ada akan diperbaiki," ujar Bima Sakti kepada Bola.com dalam sesi wawancara akhir pekan lalu.

     

    2 dari 2 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia di Penyisihan Piala AFF 2018

    Jumat (9/11/2018): Singapura Vs Indonesia

    Selasa (13/11/2018): Indonesia Vs Timor Leste

    Sabtu (17/11/2018): Thailand Vs Indonesia

    Minggu (25/11/2018: Indonesia Vs Filipina

    Video Populer

    Foto Populer