Sukses


Perbedaan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 dan 2018 di Mata Fachruddin

Bola.com, Jakarta - Bek Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto, mengungkapkan perbedaan yang dirasakan ketika menjadi bagian dari skuat Piala AFF 2016 dan 2018. Menurut Fachruddin, satu di antara perbedaan yang paling mencolok adalah minimnya persiapan.

Fachruddin merupakan satu di antara pemain yang memperkuat Timnas Indonesia pada ajang yang sama, dua tahun lalu. Selain bek 29 tahun itu, ada nama-nama lain seperti Andritany Ardhiyasa, Evan Dimas Darmono, Stefano Lilipaly, hingga Andik Vermansah.

Pada Piala AFF 2016, Timnas Indonesia tampil gemilang hingga menembus partai puncak. Sayangnya, tim Merah-Putih gagal menjadi juara karena kalah agregat 2-3 dari Thailand.

Pencapaian skuat Garuda dua tahun lalu, berbanding terbalik dengan edisi kali ini. Timnas Indonesia menelan pil pahit karena terhenti pada fase grup, mengingat kalah perolehan poin dari Thailand, Filipina, dan Singapura.

"Dari segi teknis, kami melakukan persiapan lebih lama pada 2016. Menurut saya itu adalah satu di antara hal yang paling berbeda dalam dua edisi terakhir Piala AFF," kata Fachruddin.

"Mungkin ada banyak faktor lain yang memengaruhi performa kami di atas lapangan. Namun, saya tidak mau menyalahkan siapapun. Kami bakal menjadikan hasil ini sebagai pembelajaran," ujar Fachruddin.

Timnas Indonesia bakal melakoni matchday terakhir Grup B Piala AFF melawan Filipina, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

Video Populer

Foto Populer