Sukses


    Malaysia Meruntuhkan Dominasi Thailand di Piala AFF

    Bola.com, Bangkok - Timnas Malaysia sukses melaju ke final Piala AFF 2018. Tim Harimau Malaya ke partai puncak setelah meraih hasil 2-2 kontra Thailand pada leg kedua semifinal, Rabu (5/12/2018) di Stadion Rajamangala, Bangkok.

    Pada leg pertama di Stadion Bukit Jalil, Malaysia menahan imbang peraih gelar AFF lima kali itu, tanpa gol. Hasil itu membuat Malaysia unggul produktivitas gol tandang dan lolos ke final.

    Sukses Malaysia ke partai puncak sekaligus meruntuhkan dominasi Thailand. Tim berjulukan The War Elephants menjadi penguasa turnamen terbesar di Asia Tenggara itu, dengan tiga kali lolos ke semifinal secara beruntun dan meraih dua kali meraih juara.

    Pada 2012, Thailand lolos ke final setelah mengalahkan Malaysia dengan agregat 3-1. Namun, pada partai final, Thailand kalah dari Singapura dengan agregat 2-3. Hasil itu membawa Singapura memenangi gelar untuk keempat kalinya.

    Kemudian pada Piala AFF 2014, Thailand yang ditangani Kiatisuk Senamuang, langsung menancapkan kuku mereka. Thailand lolos ke semifinal dengan status juara Grup B tanpa menelan kekalahan.

    Pada semifinal, Thailand bertemu Filipina dan menang dengan mudah, 3-0. Pada final, Thailand kembali menantang Malaysia dan menang dengan agregat 4-3.

    Dominasi Thailand yang masih ditangani Kiatisuk berlanjut. Pada edisi 2016, tahun di mana Timnas Indonesia kembali berlaga di pentas internasional setelah sanksi FIFA, Thailand mempertahankan supremasinya.

    Indonesia berada di grup yang sama dengan Thailand, pada babak penyisihan Grup A yang digelar di Manila dan Boqaue, Filipina. Ini merupakan babak penyisihan grup terakhir yang digelar dengan sistem home tournament.

    Thailand dengan mudah lolos ke semifinal sebagai juara grup. Indonesia yang berstatus kuda hitam, mendampingi Chanathip Songkrasin dkk. ke semifinal.

    Pada semifinal, Thailand menggulung Myanmar 6-0 dalam dua pertandingan (leg pertama 2-0 dan leg kedua 4-0).

    Pada babak puncak, Thailand sempat mendapat perlawanan sengit dari Indonesia yang lolos ke final setelah menang dramatis atas Vietnam. Pada final leg pertama, Thailand kalah 1-2 dari tim Garuda. Namun, pasukan Kiatisuk kembali berjaya setelah menang 2-0 di Rajamangala.

    Kini, dominasi Thailand di partai puncak Piala AFF terhenti. Malaysia yang akan menantang Filipina atau Vietnam yang akan menjalani laga penentuan, Kamis (6/12/2018).

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    Video Populer

    Foto Populer