Sukses


    Jelang Piala AFF 2020: Mengenang Lahirnya Duet Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma di Timnas Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Duet Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma lahir pada Piala AFF 2004. Keduanya mengharumkan Timnas Indonesia, meski pada akhirnya kandas pada babak final kontra Singapura.

    Timnas Indonesia berhasil mencetak hattrick di Piala AFF 2004 yang fase penyisihannya digelar di Vietnam dan Malaysia. Namun, hattrick yang dicetak Timnas Indonesia di edisi terakhir kejuaraan tersebut dengan nama Piala Tiger adalah tiga kali menjadi runner-up berturut-turut.

    Dan tiga kali pula penggawa Tim Garuda menyelesaikan turnamen sebagai pencetak gol terbanyak, di mana kali ini Ilham Jaya Kesuma menjadi pencetak gol terbanyak Piala AFF 2004.

    Setelah menyelesaikan dua edisi sebelumnya, Piala Tiger 2000 dan 2002, sebagai runner-up karena kalah dari Thailand, Timnas Indonesia berangkat ke Vietnam dengan penuh percaya diri. Tim Garuda bermain di Vietnam karena bergabung di dalam Grup A, bersama tuan rumah Vietnam, Singapura, Laos, dan Kamboja.

    Timnas Indonesia berangkat dengan dipimpin Peter Withe, yang baru saja gagal membimbing Tim Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2006. Namun, gagal di kualifikasi menuju Jerman tidak membuat Indonesia terlihat buruk di Piala Tiger 2004. Indonesia justru menjadi yang terbaik di Grup A, di mana Boaz Solossa hadir sebagai bintang muda yang cemerlang.

    Boaz menjadi pencetak gol pertama Indonesia di Piala AFF 2004 itu. Tak tanggung-tanggung dua gol berhasil diciptakan pemain belia asal Papua di pertandingan kontra Laos. Timnas Indonesia pun menang telak 6-0 di laga pertama itu, dengan tambahan dua gol dari Ilham Jaya Kesuma, dua gol Kurniawan Dwi Yulianto, dan satu gol dari Elie Aiboy.

    Namun, kemenangan besar itu tidak berlanjut di pertandingan kedua. Timnas Indonesia yang menghadapi Singapura harus puas bermain imbang tanpa gol Noh Alam Shah, Agu Casmir, dan Khairul Amri mampu mengimbangi permainan Kurniawan Dwi Yulianto dkk. di pertandingan ini. Kekuatan Singapura di Piala Tiger terakhir ini memang sudah terlihat sejak babak grup.

    Timnas Indonesia meledak dalam dua pertandingan berikutnya. Boaz membantu Indonesia menghajar Vietnam 3-0 dan hattrick Ilham Jaya Kesuma membantu Tim Garuda membantai Kamboja 8-0 pada laga terakhir vase grup Piala AFF.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 3 halaman

    Kemunculan Boaz, Ketajaman Ilham Jaya Kesuma

    Dua kemenangan telak itu membuat Indonesia lolos ke semifinal sebagai tim terbaik dengan jumlah gol terbanyak, yaitu 17 gol, dan menjadi satu-satunya tim yang tidak kebobolan sama sekali di fase grup. Peter Withe pun sukses membungkam keraguan publik pecinta sepak bola Indonesia yang kecewa karena kegagalan Indonesia di Pra-Piala Dunia 2006.

    Dalam pergelaran Piala AFF 2004, Tim Merah-Putih tidak hanya melahirkan Boaz Solossa sebagai bintang baru yang kemudian menjadi salah satu pemain terbaik Indonesia di tahun-tahun berikutnya Timnas Indonesia juga melahirkan Ilham Jaya Kesuma yang tampil agresif dan sangat tajam di lini depan Tim Merah-Putih.

    Enam gol selama fase grup, dua gol ke gawang Laos, satu gol ke gawang Vietnam, dan hattrick saat menghadapi Kamboja, adalah bukti ketajamannya. Tambahan satu gol saat menghadapi Malaysia di semifinal membuat Ilham menjadi top scorer Piala AFF 2004.

     

    3 dari 3 halaman

    Data Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Tiger 2004

    PENYISIHAN

    Indonesia Vs Laos 6-0

    • Pencetak gol: Boaz Solossa 25' 52', Ilham Jaya Kesuma 28' 33', Elie Aiboy 60', Kurniawan Dwi Yulianto 86' (Indonesia)

    Indonesia Vs Singapura 0-0

    Indonesia Vs Vietnam 3-0

    • Pencetak gol: Mauly Lessy 18' Boaz Solossa 21', Ilham Jaya Kesuma 45' (Indonesia)

    Indonesia Vs Kamboja 8-0

    • Pencetak gol: Ilham Jaya Kesuma 5' 48' 56', Elie Aiboy 30' 55', Kurniawan Dwi Yulianto 74' 76', Ortizan Solossa 90' (Indonesia)

    SEMIFINAL

    • Indonesia Vs Malaysia 1-2

    Pencetak gol: Kurniawan Dwi Yulianto 6' (Indonesia); Liew Kit Kong 28' 47 (Malaysia)

    • Malaysia Vs Indonesia 1-4

    Pencetak gol: Muhammada Khalid Jamlus 28' (Malaysia); Kurniawan Dwi Yulianto 59', Charis Yulianto 74', Ilham Jaya Kesuma 77', Boaz Solossa 84' (Indonesia)

    FINAL

    Indonesia Vs Singapura 1-3

    • Pencetak gol: Mahyadi Panggabean 90' (Indonesia); Daniel Bennett 3', Khairul Amri 39', Agu Casmir 69' (Singapura)

    Singapura Vs Indonesia 2-1

    • Pencetak gol: Indra Sahdan Daud 6, Agu Casmir 41' (Singapura); Elie Aiboy 77' (Indonesia)
    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer