Sukses


    Beda Nasib 2 Pemain Naturalisasi Persib: Satu Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Satunya Lagi Harus Nunggu Tahun Depan

    Bola.com, Jakarta - Keinginan Marc Klok untuk bermain dengan Timnas Indonesia dalam waktu dekat harus tertunda. Sebab, gelandang naturalisasi Persib Bandung itu masih dilarang FIFA.

    Nasib Marc Klok berbanding 180 derajat dengan rekannya di Persib sesama pemain naturalisasi, Ezra Walian. Bomber berusia 24 tahun tersebut dapat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

    Polemik kewarganegaraan Ezra Walian di FIFA sudah tuntas sejak Juni 2020. Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu telah mendapatkan pengesahan dari Komite Status Pemain FIFA untuk berpindah asosiasi.

    Ezra Walian memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Maret 2017, namun belum dapat berkostum Timnas Indonesia hingga empat tahun berselang gara-gara pernah memperkuat Timnas Belanda level usia.

    Lantas, bagaimana dengan kasus Marc Klok? Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menyatakan bahwa pemain berusia 28 tahun itu tidak dapat membuktikan garis keturunannya ke FIFA.

    "Sampai detik ini, beberapa kali kami berkomunikasi dengan FIFA, Marc Klok belum boleh. Kalau Ezra Walian sudah oke," kata Indra Sjafri.

    "Yang orang tau kan, PSSI yang salah. Di mana salahnya PSSI coba? Kalau tidak sesuai aturan, kami tidak bisa," jelas Indra Sjafri.

    2 dari 3 halaman

    5 Bulan Lagi

    Marc Klok sempat dipanggil Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan pada Mei 2021. Namun, namanya dicoret karena harus pergi ke Bali demi menemani istrinya yang akan melahirkan anak pertamanya.

    Karena tidak punya garis keturunan Indonesia, Marc Klok terpaksa memenuhi kriteria Statuta FIFA yang lain demi bisa membela Timnas Indonesia.

    Untuk dapat bermain dengan Timnas Indonesia, Marc Klok harus menetap selama minimal lima tahun di Tanah Air.

    Statuta FIFA 2020 Pasal Ketujuh tentang Kelayakan Bermain untuk tim perwakilan menjelaskan siapa pun pemain yang ingin bermain di negara barunya, harus lahir di wilayah asosiasi itu, ibu kandung atau ayahnya lahir di wilayah asosiasi itu, nenek atau kakeknya lahir di wilayah asosiasi itu, atau telah tinggal di wilayah asosiasi itu.

    FIFA juga menetapkan lama menetap di wilayah asosiasi yaitu minimal tiga tahun sebelum usia 10 tahun, lima tahun untuk usia 10-18 tahun, dan lima tahun sejak usia 18 tahun.

    Marc Klok telah berada di Indonesia sejak April 2017. Dengan begitu, eks gelandang PSM Makassar itu tinggal membutuhkan lima bulan lagi untuk menyentuh peraturan masa tinggal demi membela Timnas Indonesia.

    Artinya, Marc Klok sudah sah untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF edisi 2022. "Dia harus lima tahun tinggal di Indonesia," imbuh Indra Sjafri.

    3 dari 3 halaman

    Ezra Walian Dipanggil Timnas Indonesia

    Untuk kedua kalinya setelah status kewarganegaraannya di FIFA rampung, Ezra Walian dipanggil ke Timnas Indonesia.

    Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memercayai Ezra Walian untuk dua partai uji coba dan persiapan untuk Piala AFF di Turki.

    Timnas Indonesia akan berkancah pada Piala AFF di Singapura pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022.

    Ezra Walian bakal bersaing dengan Kushedya Yudo, Dedik Setiawan, dan Hanis Saghara untuk memperebutkan tempat di lini depan Timnas Indonesia.

    Video Populer

    Foto Populer