Sukses


    Kecewa Gagal Bermain di Piala AFF 2020, Marc Klok: April 2022, Saya Bisa Membela Timnas Indonesia

    Bola.com, Bandung - Marc Klok masih belum dapat membela Timnas Indonesia. Sebab, gelandang naturalisasi Persib Bandung itu belum genap lima tahun tinggal di Tanah Air.

    Buntut kegagalan membuktikan garis keturunannya ke FIFA, Marc Klok masih dilarang bermain untuk Timnas Indonesia meski telah dinaturalisasi sejak 2020.

    Akibatnya, Marc Klok tidak bisa bermain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

    Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu harus memenuhi kriteria lain dalam Statuta FIFA 2020 terkait akuisisi kewarganegaraan baru.

    Aturan pasal ketujuh huruf d ayat iii dalam Statuta FIFA tertulis bahwa seorang pemain minimal tinggal lima tahun di wilayah barunya sebelum membela timnasnya.

    Adapun, Marc Klok telah menetap di Indonesia sejak April 2017 ketika bergabung dengan PSM Makassar. Artinya, pemain berusia 28 tahun itu akan lima tahun berada di Indonesia pada April 2022.

    "Beberapa hari lalu, saya menerima kabar bahwa saya belum bisa membela Timnas Indonesia pada tahun ini," kata Marc Klok dalam akun Instagramnya, @marcklok, Senin (8/11/2021).

    "Dari hati yang paling dalam, saya cukup kecewa. Sebab, saya menantikan momen bermain di turnamen paling bergengsi di Asia Tenggara pada akhir tahun ini," jelasnya.

    2 dari 4 halaman

    Tinggal 5 Bulan Lagi

    Marc Klok tinggal menunggu lima bulan lagi demi mewujudkan keinginannya membela Timnas Indonesia. Dengan demikian, mantan pemain Persija Jakarta itu juga dapat berkancah di Piala AFF 2022.

    "Tidak sedikit juga usaha yang telah dilakukan agar harapan dan mimpi saya secepatnya terwujud. Semua dokumen pun telah siap, tapi sayangnya keputusan mengatakan masih sebaliknya," imbuh Marc Klok.

    "Namun, kabar baiknya adalah pada April 2022, saya sudah bisa membela Timnas Indonesia. Dan itu hanya beberapa bulan saja untuk menunggu momennya," ujar Marc Klok.

    3 dari 4 halaman

    Setia Menunggu

    Sembari menunggu April 2022, Marc Klok berjanji akan bermain sebaik mungkin. Sebab jika waktunya telah tiba, mantan pemain Jong Utrech itu tidak mau melewatkan kesempatan bermain untuk Timnas Indonesia.

    "Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu proses ini. Terima kasih juga kepada teman-teman pendukung Skuad Garuda yang telah mendukung. Semoga saya bisa segera melihat diri saya berseragam Garuda di dada,"

    "Saya akan terus bersabar menantikan kesempatan tersebut pada tahun depan, sambil memanfaatkan waktu untuk membuktikan bahwa saya layak mendapatkan tempat."

    "Sampai saatnya nanti telah tiba, saya berjanji tidak akan menyia-nyiakan kesempatan membela Timnas Indonesia. Garuda di dadaku!" papar Marc Klok.

    4 dari 4 halaman

    Unggahan Marc Klok

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Marc Klok (@marcklok)

    Video Populer

    Foto Populer